JMF, Menumbuhkan Kebangkitan Bangsa Lewat Musik Melayu

Foto: Sayangi.com/Okky

Jakarta, Sayangi.com – Bertempat di Birawa Assembly Hall Bidakara, perhelatan besar Jakarta Melayu Festival sukses diselenggarakan pada Jum’at malam, 30 Agustus 2013.

Konser kemerdekaan musik melayu yang sedianya bertajuk “Seroja” ini dimeriahi beberapa artis Melayu-Dangdut terkenal seperti Iyeth Bustami, Hamdan ATT, Fuad Balfas, Emma Lopez, Fahad Munif, Hendri Lamiri, sang akordian; Butong, Mustafa Abdullah, Nizar Ali dan dimeriahi oleh L’Catraz Band dan Konsentra Sumut.

Nampak hadir pula beberapa tokoh penting seperti Fuad Bawazir dari Hanura, Anies Baswedan sang intelektual sekaligus Rektor Universitas Paramadina dan Capres Konvrensi Partai Demokrat, Bursah Zarnubi, Ketua Umum Perhimpunan Gerakan Keadilan. Munif Bahasuan sang Maestro Musik Melayu, Dan Saleh Daulai Ketua PP Pemuda Muhammadiyah.

“Acara ini merupakan suatu angin besar untuk belantika musik Indonesia. Saya berharap acara ini dapat membangkitkan semangat kita untuk melestarikan musik melayu.” Ungkap Iyeth Bustami sebelum melantunkan lagu Pakktipangketimpung dan Laila Canggung.

Pada malam perhelatan Melayu ini kreasi musik melayu nusantara pun disuguhkan dalam lagu-lagu khas daerah dengan sentuhan dan arasemen musik melayu. Diantaranya, Melayu Aceh, Melayu Kalimantan, bahkan Melayu Betawi.

“Kita semua menjadi saksi bangkitnya identitas musik melayu sebagai budaya bangsa Indonesia” ujar Geisz Chalifah dalam sambutannya, selaku produser Gita Cinta sekaligus penggagas acara ini.

Dalam kesempatan yang sama, Sulis si pelantun tembang-tembang religi pun ikut ambil bagian dengan mendendangkan beberapa lagu pembuka hingga melayu ala aceh “Ding Ding Pa Dingding”

“Acara ini sebagai malam nostalgia bagi masyarakat Indonesia dengan budaya musik melayu yang mulai terlupakan. Jadikan ini sebagai tonggak pemersatu budaya bangsa,” Ujarnya setelah melantunkan lagu “Ibu Pertiwi Janganlah Berduka”

Fahad Munif sang seniman Melayu pun berkolaborasi dengan sang Akordian; Butong dan Anwar Fauzi Orchestra mendendangkan lagu melayu betawi “Papung Pamustafe”

Dengan suara emasnya, pun Hamdan ATT mempersembahkan lagu Lancang Kuning pada perhelatan Jakarta Melayu Festival.

Hasil keseluruhan acara ini seyogyanya akan disumbangkan langsung untuk pembangunan 2 rumah sakit, diantaranya Rumah Sakit Mer-C Galela di Maluku dan Rumah Sakit Indonesia di jalur Gaza.

Dalam kesempatan yang sama, beberapa penghargaan pun disampaikan kepada insan-insan yang berjasa dibelantika musik Melayu.

Bursah Zarnubi, Ketua Umum Perhimpunan Gerakan Keadilan sekaligus peminat musik Melayu pun berkesempatan memberikan penghargaan terhadap almarhum pencipta lagu “Seroja” Said Efendi.

Penonton pun makin berseru bersorak bernyanyi bersama ketika Sulis dengan cengkok Melayunya mendendangkan lagu Bunga Seroja. (FIT)