Pencapresan Jokowi di Tangan Megawati

Foto : Antara

Jakarta, Sayangi.com – Tidak seperti yang diharapkan oleh sejumlah kalangan, Rakernas III PDI Perjuangan, di Ancol, Jakarta, 6-8 September, ternyata tidak mengumumkan sosok calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai berlambang Banteng Moncong Putih itu.

“Siapa Capres yang diusung sepenuhnya diserahkan kepada ibu Ketua Umum,” ungkap Ketua DPP PDI Perjuangan Trimedya Panjaitan saat dihubungi Sayangi.com lewat SMS.

Sedangkan utusan Rakernas, baik itu Dewan Pimpinan Daerah (DPD) maupun Dewan Pimpinan Cabang (DPC), sebagian besar mengusulkan penentuan Capres diumumkan pada 10 Januari 2014 nanti. ” Tapi semua kami serahkan kepada Ibu Mega,” ujar Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Palembang Hagmar Bandamana.

Nama Jokowi memang ramai diperbincangkan sebagai Calon Presiden favorit di lingkungan kader struktural PDI Perjuangan. Terlebih, empat kali Megawati yang juga Ketua Umum Partai Bernomer urut 4 itu menyebut nama Jokowi saat pidato pembukaan Rakernas.

Selain nama Jokowi, sebagian kader juga masih berharap Megawati mencalonkan diri menjadi Presiden RI. Muncul pula nama Puan Maharani. Bahkan DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, dalam pandangan umumnya mengusulkan pasangan Megawati-Jokowi dalam Pilpres 2014 nanti.

“Siapapun yang diusung PDI Perjuangan, kami dari Repdem berharap itu diumumkan sebelum Pemilu Legislatif,” harap Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Relawan Perjuangan Demokrasi (DPN Repdem) Masinton Pasaribu. (MARD)