Higemura: Caleg Madura Harus Komitmen Bangun Madura

Foto: sayangi.com/MI

Jakarta, Sayangi.com – Himpunan Generasi Madura (Higemura) akan menggelar konsolidasi nasional menjelang Pemilu Legislatif 2014. Langkah ini diambil agar Calon Legislatif asal daerah pemilihan (Dapil) XI Jawa Timur bisa memiliki komitmen membangun Madura.

“Konsolidasi ini penting, karena selama ini banyak anggota DPR Dapil Madura masih minim sumbangsihnya untuk membangun Madura,” kata Ketua Umum Higemura Muhlis Ali di Jakarta, Minggu (8/9/2013).

Dengan konsolidasi ini jelas Muhlis, seluruh Caleg DPR RI asal Madura akan memiliki persepsi yang sama tentang pembangunan Madura di masa depan. Selain itu, masyarakat juga bisa lebih cerdas dalam memilih wakil mereka di parlemen.

Muhlis menilai selama ini anggota DPR yang berasal dari Madura terlihat tidak maksimal dalam memperjuangkan Madura. Mereka terkesan hanya menjadikan Madura sebagai tempat mencari suara, tetapi setelah itu ditinggalkan.

“Makanya wajar kalau kita perhatikan, tidak terlalu ada kemajuan berarti. Peran anggota DPR dari Madura hampir tidak terlihat,” tandasnya menyayangkan.

Oleh karenanya, mantan Ketua PB HMI ini menegaskan bahwa kondisi ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Ia berharap tokoh-tokoh Madura yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia agar melakukan konsolidasi nasional, guna menyamakan persepsi dalam menentukan kriteria caleg yang layak didukung masyarakat Madura pada Pemilu mendatang.

“Sejauh ini, Higemura sudah banyak komunikasi dengan sesepuh dan tokoh-tokoh Madura, termasuk para ulama praktisi pendidikan di Madura ini. Mereka sepakat jika konsolidasi ini diadakan sebelum Pemilu Legislatif nanti,” jelas pemuda asal Madura yang juga Direktur Eksekutif Pusat Pengkajian Jakarta (PPJ) ini.