Karena Lalai, Ahmad Dhani Terancam 5 Tahun Penjara

Foto: sayangi.com/MI

Jakarta, Sayangi.com – Menurut Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane melalui surat elektronik (e-mail) kepada wartawan, musisi Ahmad Dhani dapat diancam hukuman lebih dari lima tahun penjara. Ini terkait kecelakaan yang melibatkan putranya bernama Abdul Qadir Jaelani alias Dul di Tol Jagorawi, Jawa Barat.

“Dhani bisa dimintai pertanggungjawabannya karena lalai dengan membiarkan anaknya yang di bawah umur mengendarai mobil”, kata Neta, Minggu (8/9).

“Sebagai orangtua, Dhani telah membelikan mobil kepada anaknya yang di bawah umur dan membiarkan anaknya mengendarai mobil itu. Dalam hal ini, Dhani memenuhi unsur pidana dengan tuduhan ikut menjadi penyebab kematian bagi orang lain dengan ancaman penjara di atas lima tahun penjara,” jelas Neta.

IPW mendesak penegak hukum untuk tidak pandang bulu dalam kasus itu. Neta mengkhawatirkan para penegak hukum lemah seperti yang terjadi dalam kasus kecelakaan yang melibatkan putra Hatta Rajasa.

“Jangan sampai kasus kecelakaan yang melibatkan putra Hatta Rajasa terulang dalam kasus Dul. Kasus putra Hatta Rajasa (hukumannya) penuh rekayasa, mendapat keistimewaan, dan tidak dihukum untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” kata Neta.

Dalam kasus Dul disebutkan 6 orang tewas dan 9 lainnya luka berat akibat mobil milik Dul menerabas pagar jalan tol. Melihat kerusakan parah pada mobil Dul, bisa dipastikan mobil tersebut melaju dalam kecepatan tinggi.

“Jika mobil tersebut dikemudikan Dul, ancaman hukuman berat akan menanti putra Ahmad Dhani itu. Dul bisa dikenakan pasal berlapis, yakni belum cukup umur sudah mengemudikan mobil, tidak memiliki SIM, dan akibat kelalaiannya menyebabkan orang lain tewas,” katanya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Minggu (8/9) pukul 01.45 WIB, di tol Jagorawi KM 8 arah selatan melibatkan tiga kendaraan yakni mobil Mitsubishi Lancer B 80 SAL yang dikemudikan Dul, Daihatsu Gran Max B 1349 TEN, dan Toyota Avanza B 1882 UZJ. (VAL)