KPU Tetapkan Iti Octavia Menang Pilkada Lebak

Foto : demokrat.or.id

Lebak, Sayangi.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lebak menetapkan pasangan Cabup-Cawabup Iti Octavia-Ade Sumardi (IDE) sebagai pemenang pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang dilaksanakan, Sabtu (31/8).

“Kita menetapkan kemenangan pilkada pasangan ‘IDE’ dengan meraih 407.156 suara, mengalahkan dua pasangan lainnya,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak Agus Sutisna di Rangkasbitung, Minggu (8/9).

Menurut dia, kemenangan pasangan IDE tersebut berdasarkan hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara dari 28 kecamatan.

Pasangan IDE meraih 407.156 suara atau 62,37 persen, Amir Hamzah-Kasmin (HAK) dengan meraih 226.440 suara atau 34,69 persen.

Sedangkan, pasangan Pepep Faisaludin-Aang (Panglima) memperoleh 19.163 suara atau 2,94 persen.

“Karena itu, kami menetapkan pasangan IDE terpilih sebagai bupati dan wakil bupati Lebak periode 2013-2019,” katanya.

Ia menyebutkan, jumlah pemilih yang mencoblos di 1.987 tempat pemilihan suara (TPS) sebanyak 652.759 suara dan diantaranya yang tidak sah mencapai 14.450 suara.

Pelaksanaan pilkada dilaksanakan secara serentak di 28 kecamatan tersebar di 345 desa/kelurahan.

Selama ini, pelaksanaan pilkada berjalan dengan baik dan kondusif serta lancar.

“Kami berharap kondisi Lebak semakin kondusif dan tidak terjadi konflik yang bisa merugikan semua pihak,” katanya.

Kepala Bagian Operasional Polres Lebak Kompol Budi Batara mengatakan bahwa pengamanan sidang pleno rekapitulasi perhitungan suara untuk penetapan pemenang bupati dan wakil bupati melibatkan 350 personel.

Mereka petugas pengamanan dari beberapa bagian, termasuk dari Sabhara dan pasukan pemukul massa.

Mereka petugas disebar di sekitar di dalam Hotel Mutiara Rangkasbitung sebagai tempat pleno rekapitulasi perhitungan suara pilkada.

Namun demikian, pihaknya tetap mengedepankan cara-cara persuasif dan kedamaian.

“Kami lega penetapan kepala daerah ini berjalan aman dan tertib, meskipun dipadati dari tiga pendukung pasangan bupati dan wakil bupati,” katanya. (Ant)