Humas DPRD Hamburkan Duit Warga Jakarta

Foto: Sayangi.com/Okky

Jakarta, Sayangi.com – Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) menyoroti penggunaan anggaran yang menjurus boros oleh humas DPRD Jakarta.

Lembaga yang membidangi informasi kegiatan Dewan ini menggunakan uang rakyat puluhan miliar untuk membuat kegiatan Dewan yang sebenarnya sudah dilakukan oleh Anggota Dewan melalui kegiatan resesnya.

Kegiatan yang dianggap menghamburkan duit rakyat tersebut diantaranya dialog Dewan dengan masyarakat  terkait masalah Jakarta dan solusinya, dengan total anggaran Rp 3.408.865.000, menjaring aspirasi warga Jakarta menggunakan anggaran Rp 3.742.865.000, dan penyampaian info aktivitas Dewan Rp 2.932.865.000.

Kordinator Fitra Ucok Sky Khadafi mengatakan, anggaran kegiatan dewan yang dilakukan oleh Humas Dewan tersebut jelas hanya buang-buang uang rakyat. Pasalnya, kegiatan tersebut tidak usah diusulkan dan dilakukan karena sudah ada dalam kegiatan Dewan dalam bentuk reses Dewan.

“Buat apa ada kegiatan reses Dewan kalau dibuat lagi kegiatan dialog Dewan dengan masyarakat serta kegiatan yang namanya menjaring aspirasi warga. Perlu audit Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP),” tegas Ucok saat dikonfirmasi wartawan.

Ucok meminta masyarakat Jakarta berani melaporkan lembaga yang berwenang mengaudit penyalahgunaan anggaran yang digunakan aparatur penyelenggara Pemerintahan. “Saya juga berharap KPK bisa jeli dan bertindak ketika melihat adanya penyalahgunaan seperti dalam masalah ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Humas DPRD Jakarta, Wawan Setiawan membenarkan kalau pihaknya telah mengusulkan anggaran terkait kegiatan acara Dewan tersebut. Namun Wawan tidak tahu kalau acara kegiatan Dewan yang dananya menggunakan APBD tersebut sama dengan kegiatan reses dewan. “Saya mengusulkan anggaran ini, hanya menurusan apa yang sudah dilakukan Kabag Humas sebelumnya,” pungkas Wawan. (MSR)