Andrinof: Jokowi Harus Benahi Kinerja Jajarannya

Foto: wordpress.com

Jakarta, Sayangi.com – Pengamat Politik dan Kebijakan Publik, Andrinof Chaniago, menilai kinerja di jajaran birokrasi Pemprov DKI Jakarta masih kurang baik dan perlu adanya pembenahan.

“Semestinya kinerja di jajaran Pemprov DKI ini segerah dievaluasi. Kinerjanya juga harus dibenahi,” kata Andrinof Chaniago saat dihubungi Sayangi.com, Senin (9/9).

Menurutnya, banyaknya kecelakaan yang melibatkan kendaraan umum yang mengakibatkan korban jiwa. Juga masih banyaknya permainan uji KIR kendaraan umum di Jakarta sehingga banyak kendaraan tidak layak jalan masih bisa mendapatkan KIR.

“Misalnya juga petugas patwal Gubernur yang naik motor lewat tol dengan membonceng istri kemarin, itu membuktikan adanya ketidakberesan di jajaran dinas perhubungan, Kepala dinas maupun kasudin-kasudinnya, semuanya harus dievaluasi,” ujar Andrinof.

Lebih lanjut Andrinof meminta Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) membenahi jajaran birokrasi Pemprov DKI Jakarta, terutama mengevaluasi Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan DKI Jakarta dan Kepala Sub Dinas (Kasudin) Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Menurutnya, dalam setiap terminal, harus ada petugas dinas perhubungan yang tugasnya mengawasi.

“Sekarang apa yang mereka awasi kalau terbukti banyak pengemudi-pengemudi anak-anak di bawah umur masih bisa bawa mobil? Apa mereka tidak melihat hal ini? Jadi, Jokowi jangan hanya membenahi masyarakat, tapi melupakan jajarannya di Pemprov DKI,” papar Andrinof.

Langkah membenahi PKL Tanah Abang, kata Andrinof, adalah langkah yang baik, tapi penataan birokrasi di internal pemprov juga harus dilakukan. Artinya, harus ada pembelajaran agar kejadian-kejadian serupa tidak terulang kembali guna dan demi kebaikan bersama. (RH)