Pembukaan PON XIX di Stadion Gedebage Bandung

Foto: antara

Bandung, Sayangi.com – Pembukaan acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX tahun 2016 yang akan berlangsung di Provinsi Jawa Barat, direncanakan di Stadion Utama Sepak Bola (SUS) Gedebage, Bandung.

“Arena rencana pusat pembukaan PON di SUS Gedebage itu segera dipersiapkan dan dibenahi,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat Deny Juanda Puradimaja, di Gedung Sate Bandung, Senin.

Ia menuturkan, rencananya Selasa (10/9) Dinas Permukiman dan Perumahan (Diskimrum) serta Dinas Pemuda dan Olahraga (Disorda) Jawa Barat konsultasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terkait pelaksanaan PON XIX tersebut.

“Besok delegasi provinsi, yakni Disorda dan Diskimrung, akan bertemu deputi atau asisten deputi di Kemenpora, termasuk menyampaikan persiapan arena pembukaan PON itu,” kata dia.

Ia menuturkan, beberapa hal yang akan dipaparkan pihaknya ke Kemenpora terkait kesiapan 43 venue atau arena olahraga yang masuk dalam kategori membangun baru, renovasi.

“Kemudian juga akan diminta agar pada saat penyelenggaraan itu ada kepanitian. Itu kita belajar dari Riau dan Kaltim. Kita ingin menjadi lebih baik. Jadi kepanitian pun, besok akan kita konsultasikan ke jajaran Kemenpora,” ujar Deny.

Terkait maskot PON XIX, kata dia, ada kemungkinan pihaknya akan membuat sayembara untuk dipilih yang terbaik. “Yang penting sejak sekarang harus dibuat maskotnya. Tadi ada beberapa contoh, mungkin nanti akan disayembarakan,” kata dia.

Ditambahkan, anggaran pembangunan fasilitas olahraga baru dan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 akan berasal dari pemerintah pusat dan Pemprov Jabar.  “Tadi ada surat dari Kemenpora bahwa pendanaannya itu dari APBN dan APBD untuk penyelengagaran dan bangunan. Proporsinya belum ada, baru besok mau dikonsultasikan,” ujarnya. (RH/ANT)