Meski di Bawah Umur, Polisi Tetapkan Dul Jadi Tersangka

Foto: sayangi.com/MI

Jakarta, Sayangi.com – Meski masih di bawah umur, polisi akhirnya menetapkan Ahmad Abdul Qodir Jaelani alias Dul sebagai tersangka. Putra bungsu pasangan Ahmad Dhani dan Maia Ahmad itu menjadi tersangka dalam kecelakaan mobil di Tol Jagorawi Minggu (8/9/2013) dini hari.

Dalam kecelakaan mobil yang dikemudikan Dul itu, sebanyak enam orang tewas. Dul sendiri mengalami luka berat dan harus menjalani operasi. Namun, polisi menetapkannya sebagai tersangka karena Dul dianggap lalai. Saat mengemudikan, Dul juga tidak mengantongi SIM A karena baru berusia 13 tahun.

“Abdul Qadir Jaelani tersangka karena yang mengemudikan mobil adalah Dul sendiri,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto di Jakarta, Senin (9/9/2013).

Menurut Rikwanto, saat kejadian, mobil Dul menabrak pembatas jalan karena kehilangan kendali. Akibatnya, mobil tersebut melompat ke seberang tol, sehingga menabrak Gran Max dan Avanza yang datang dari arah berlawanan. Akibat kejadian itu, enam orang meninggal dan beberapa orang lainnya mengalami luka berat.

Dul sendiri kini sudah sadar setelah menjalani operasi kedua. Namun, ia kini masih tetap dirawat di ruang ICU Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta.

Rikwanto menjelaskan, dalam peristiwa tersebut Dul dijerat dengan Pasal 310 ayat 4 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pasal itu dikenakan kepada Dul, karena ia dianggap lalai mengemudikan mobil sehingga menyebabkan korban jiwa. Selain itu, Dul juga tidak mengantongi surat izin mengemudi (SIM).

Kendati demikian, polisi juga menerapkan Pasal 13 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan melibatkan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), karena Dul masih di bawah umur. Dengan begitu, ancaman hukuman terhadap Dul akan dikenakan setengah dari ancaman orang dewasa atau tiga tahun penjara.