Kakigori, Segarnya Es Serut Ala Jepang

Foto: sayangi.com/Okky Tirto

Jakarta, Sayangi.com – Tak hanya menyuguhkan pagelaran seni budaya, Jak Japan Festival 2013 di Lapangan Ikada yang berlangsung Minggu 08/09 kemarin juga menjadi ajang surga kuliner khas Jepang.

Berbagai makanan dan minuman khas Jepang dijual di stand bazaar kuliner. Tak pelak lagi, stand-stand bazaar ini diserbu pengunjung hingga larut malam.  Serutan es batu mulai berjatuhan diwadah mangkuk, lalu sang penjual dengan sigap mulai menyirami goresan es batu tersebut dengan sirup aneka rasa dan warna. Rasanya setali tiga uang dengan es serut tanah air.

Di Jepang, jenis minuman ini dikenal dengan nama Kakigori, es serut dengan toping sirup aneka rasa ini biasanya hadir dalam berbagai festival musim panas di Jepang. Pembuatannya sangat mudah dan tak memakan waktu lama. Es diserut dengan mesin serut es, lalu es serut tersebut disiram dengan sirup. Tak hanya satu rasa, sirup yang ditawarkan ada dalam berbagai rasa, seperti stroberi, melon, blueberry, green tea, moka, ataupun lemon.

Untuk varian citarasa yang berbeda, anda bisa mencoba menu toping sirup susu. Ada strawberry milk, Melon Milk, Lemon Milk, ataupun Blueberry Milk. Kesegarannya dijamin dapat meluruhkan dahaga anda.
Di Jak Japan Festival kali ini, stand-stand minuman ini nampak tak pernah sepi pengunjung. Harga yang dibandrol pun tergolong sangat terjangkau. Untuk seporsi es Kakigori dengan menu es sirup murni tanpa campuran susu, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 15.000 Rupiah. Sedangkan menu Kakigori dengan campuran susu dibandrol seharga 20.000 Rupiah. (RH)