Pilkada Makassar: Tamsil Siap Kalahkan Gajah

Photo: Antara

Makassar, Sayangi.com – Kampanye akbar pasangan calon Wali Kota dengan Wakil Wali Kota Makassar, Tamsil Linrung-Das’ad Latif, diwarnai akrobat helikopter yang berputar-putar di Lapangan Hertasning, Makassar, Senin (9/9).

Penumpang helikopter tersebut menyebar brosur bergambar pasangan itu di lapangan tempat kampanye yang dihadiri ribuan orang berasal dari berbagai penjuru kota setempat.

Penumpang juga sesekali melambaikan tangan dan memotret dari atas dengan diarahkan kepada massa yang mengikuti kampanye di tempat tersebut.

Di sela orasi politik pasangan Tamsil-Das’ad di lapangan itu, helikopter tersebut sempat terbang rendah. Helikopter diketahui milik anggota DPD RI Aksa Mahmud yang juga pendiri dan pemilik Bosowa Corporation.

Dalam orasi politiknya, Tamsil mengatakan siap melawan “gajah” yang diartikan bahwa siap melawan saingan politiknya dalam Pilkada Kota Makasar, 18 September 2013.

Lawan berat dalam pemilihan itu, katanya, seperti pasangan Danny Ical (DIA) yang disokong orang kuat, yakni Ilham Arief Sirajuddin yang saat ini menjabat Wali Kota Makasar selama dua priode dan Ketua DPD I Partai Demokrat Sulsel.

Pasangan lainnya, Supomo-Kadir (Suka) yang juga didukung Nurdin Halid, Ketua DPP Golkar, sedangkan Irman-Busrah juga diduga orang kuat, Syahrul Yasin Limpo yang saat ini menjabat Gubernur Sulsel dan Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel.

Ia menyebutkan meskipun ada “gajah-gajah” besar di belakang rivalnya, dirinya optimistis menang satu putaran dalam pilkada mendatang. Hal itu, sesuai dengan hasil jajak pendapat dan survei terpercaya yang menunjukkan popularitasnya melejit hingga 40 persen.

“Hasil survei kami di atas 40 persen, dan Tamsil-Das’ad bisa menang satu putaran. Program pelayanan dan kesehatan berdaya, diberikan ruang berusaha dan tidak berkuasa, ruangan investasi tanpa ada perbedaan suku, agama, dan ras. Program enak, aman, dan nyaman,” katanya.

Ia mengatakan tentang rencana menjadikan Kota Makassar yang aman dan nyaman.

“Kami punya mimpi agar bisa menjadikan Kota Makassar aman dan nyaman, dihargai dan inginkan kesuksesan secara merata. Program andalan adalah bantuan modal usaha 10 juta per kepala keluarga,” katanya.

Pada kesempatan itu, Das’ad Latif menyinggung sejumlah cara kandidat yang tidak mendidik masyarakat dalam berpolitik secara baik dan benar.

“Coba kita lihat sudah ada perang iklan di media massa dan saling singung-menyinggung, ada yang orang mendorong mobil bertuliskan ‘Moko’ (Mobil Toko), bahkan lklan Makassar banjir. Tidak hanya itu, saya dapat kabar dari masyarakat kalau mau pilkada para calon mendatangi mereka,” katanya.

Kampanye pasangan itu, juga dihadiri juru kampanye Presiden PKS Anis Matta, dan tokoh lainnya Astri Ivo, dan juru kampanye lokal lainnya dipandu artis nasional Indra Bekti.

Bahkan pasangan itu, memberikan “door prize” berupa satu rumah, gratis umrah kepada enam orang, 12 sepeda motor, 10 televisi,10 mesin cuci, 10 telepon seluler, dan hadiah menarik lainnya.

Pasangan Tamsil-Das’ad diusung Partai Keadilan Sejahtera, Partai Hanura, dan Partai Bintang Reformasi. (S2/Ant)