DPR: Segera Realisasikan Program Swasembada Kedelai!

Foto: malut.litbang.deptan.go.id

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Komisi IV DPR RI, M. Romahurmuziy meminta pemerintah segera merealisasikan program swasembada di tengah-tengah tingginya harga kadelai impor belakangan ini. Rendahnya harga kedelai impor selama ini menjadikan kedelai lokal tidak kompetitif.

“Dengan kejadian ini, penegakan kebijakan penyerapan kedelai lokal sebagai syarat pemberian izin impor harus betul-betul dilaksanakan,” kata Romi, sapaan akrabnya kepada Sayangi.com, di Jakarta, Senin (9/9/2013).

Selain itu, tambah Romi, pemerintah juga harus segera mengalokasikan dana cadangan stabilisasi harga pangan kepada Badan Urusan Logistik (Bulog), untuk menjadikannya sebagai stabilisator harga kedelai dengan menyerap kedelai lokal secara massif. Kalau Bulog masih mengandalkan dana komersialnya, kata Romy, penugasan hanya akan berhenti sebagai Peraturan Presiden belaka. Pemerintah juga harus segera merealisasikan program swasembada kedelai, untuk mencapai luas areal tanam yang diperlukan.

“Ini tidak rumit, anggarannya sudah ada, lokasinya sudah diketahui, tinggal bagaimana pemerintah mempercepat realisasi,” katanya. (MI)

Berita Terkait

BAGIKAN