Norwegia Bantu Jaga Kelestarian Hutan Papua

Foto: cloud.papua.go.id

Jayapura, Sayangi.com – Pemerintah Norwegia melalui United Nations Offive on Drugs and Crime (UNODC) saat ini membantu sarana untuk melindungi hutan di Papua.

Bantuan yang diberikan itu antara lain berupa speed boat untuk Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua, sepeda motor, desktop komputer dan GPS Garmin, masing-masing untuk BBKSDA dan Dinas Kehutanan Papua serta pembangunan lima pos jaga satuan tugas (satgas) Cycloop di Kabupaten Jayapura, kata Asisten II Sekda Pemprov Papua Ellia Loupatty.

Ellia Loupatty seusai menerima bantuan yang diserahkan Dubes Norwegia untuk Indonesia Stig Travik di Jayapura, Selasa mengatakan sejak tahun 2010 Norwegia sudah memberikan bantuannya kepada Papua. “Bantuan yang diberikan itu selain berupa peralatan penunjang juga pelatihan, baik terhadap para penegak hukum maupun masyarakat ,” katanya.

Menurutnya, berbagai pelatihan, termasuk ke masyarakat itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, khususnya hutan, dari kejahatan kehutanan. Bahkan karena tingginya perhatian terhadap kejahatan kehutanan, maka saat pertemuan berlangsung Dubes Travik sempat mempertanyakan perkembangan kasus Labora Sitorus yang diduga terlibat kasus illegal logging.

“Saat menanyakan perkembangan kasus illegal logging dengan tersangka LS, kami sudah menjelaskan kalau kasusnya sudah sampai ke kejaksaan dan selanjutnya akan dilimpahkan ke pengadilan untuk disidangkan,” aku Ellia Loupatty. (MSR/ANT)