Marzuki Alie Setuju Indonesia Cari Ibukota Baru

Foto: dpr.go.id

Jakarta, Sayangi.com – Ketua DPR-RI Marzuki Alie menyambut baik wacana pemindahan ibukota yang diwacanakan kembali oleh Presiden Susilo Bambang Yudhono (SBY).

SBY mengeluarkan pernyataan pemindahan ibukota, saat dia pulang ke tanah air dari kunjungan ke ibukota baru Kazakhstran, Astana belum lama ini.

“Sejak dulu saya menyatakan pandangan yang sama, sebaiknya Kota Pemerintahan dipisahkan dari Kota Dagang atau industri. Memindahkan pusat Pemerintahan, tentu perlu waktu, namun pasti bisa diselesaikan dalam satu masa atau periode pemerintahan. Sebaiknya keputusan politik tentang pemindahan tersebut sudah dilakukan saat ini,” kata Marzuki, Senin (10/9).

Menurut Marzuki, jika keputusan politik tentang pemindahan ibu kota itu dilakukan saat ini, maka yang mengimplementasikan keputusan itu adalah pemerintahan pasca-Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono. Selain itu, kata dia, pemindahan ibukota harus memberikan dampak positif terhadap kepentingan nasional. Jakarta sebagai ibuKota, menurut dia, tidak hanya menjadi pusat pemerintahan, tapi juga pusat industri, dagang dan jasa. (MSR)