Ingin Jantung Sehat? Makan Ini!

Foto: Shutterstock

Jakarta, Sayangi.com – Memiliki jantung sehat adalah keinginan banyak orang. Dengan memiliki denyut jantung yang stabil, kita akan terhidar dari stroke dan serangan jantung. Aktivitas padat, stress, makan sembarang, hingga kurang olahraga dapat menjadi pemicu peningkatan denyut jantung anda.

Namun tahukah anda bahwa ada berbagai macam jenis makanan yang dapat membantu menstabilkan serta menjaga kesehatan jantung anda. Dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis makanan yang dapat membantu kesehatan jantung anda.

KALSIUM

Zat kalsium yang terdapat dalam tubuh memiliki peran untuk menstabilkan denyut jantung anda. Ada baiknya anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium seperti susu ataupun makanan yang berbahan dasar susu. Lainnya anda bisa mengkonsumsi keju, brokoli, tahu, serta kubis.

MAGNESIUM

Zat yang satu ini juga berfungsi menstabilkan denyut jantung anda. Adapun jenis makanan yang mengandung kalsium yang bisa anda konsumsi antara lain kurma, gandum, serta sayuran berdaun hijau.

KALIUM

Masih dengan manfaat yang sama, anda bisa mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung Kalium. Kalium banyak terdapat dalam buah-buahan, seperti jeruk, tomat, alpukat dan jeruk. Air kelapa, ikan salmon, dan kacang kedelai juga diketahui banyak mengandung Kalium tinggi.

OMEGA 3

Untuk menjaga kesehatan jantung, anda juga perlu asupan makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Jenis makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 terdapat pada ikan tuna, ikan sarden, serta tiram. Kandungan asam lemak omega 3 ini juga dapat anda temui pada kacang-kacangan, seprti kacang kenari.

VITAMIN

Mengkonsumsi nutrisi vitamin juga dapat membantu menjaga kesehatan anda. Vitamin tersebut antara lain ada vitamin B, vitamin B6 dan B12. Anda juga bisa menkonsumsi vitamin E dan D. (RH)

Berita Terkait

BAGIKAN