Pilgub Kaltim: Incumbent Awang Faroek Unggul Sementara

Foto: Antara

Sangatta, Sayangi.com – Pemilihan Gubernur (pilgub) Kalimantan Timur (Kaltim) berlangsung Selasa (10/9) hari ini. Saat ini tengah berlangsung perhitungan. Dan untuk wilayah Kabupaten Kutai Timur, pasangan petahana (incumbent) nomor urut 1 Awang Faroek Ishak-Mukmin Faisyal unggul dengan perolehan sementara 55,02 persen.

Dari tiga pasangan peserta pilgub, Pasangan nomor urut 2 Farid Wadjdy-Aji Sofyan Alex untuk sementara meraih 11,84 persen dan pasangan nomor urut 3 Imdaad Hamid-Ipong Muchlissoni 14,59 persen.

Menurut Sekretaris Desk Pilgub Kaltim Kabupaten Kutai Timur, H Amir Syarifuddin, sampai pukul 16.30 Wita, suara yang dihitung baru mencapai 51.670 suara pemilih dari total pemilih sebanyak 361,513 atau sekitar 14 persen. Sejumlah kecamatan belum bisa mengirimkan data laporan hasil pemilihan, karena terkendala sarana komunikasi.

Beberapa kecamatan yang hingga saat ini belum ada laporannya antara lain Kecamatan Sandaran dengan lima desa. Begitu juga dengan Sangatta Kota yang meliputi Sangatta Utara dan Sangatta Selatan serta Teluk Pandan hingga saat ini belum masuk.

“Setiap kecamatan kita mengirim dua orang petugas untuk melaporkan hasilnya, tapi terkendala komunikasi sehingga belum seluruh bisa menyampaikannya,” ujar Amir.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus menunggu laporan hasil masing-masing kecamatan hingga malam.

“KIta akan berikan setiap perkembangan suara yang masuk melalui desk Pilkada Kaltim di Sekretariat Kesbangpol Kutai Timur,” ujarnya. (ANT)