Kloter Pertama, Garuda Terbangkan Calhaj di Tujuh Embarkasi

Foto: garudaindonesia.com

Jakarta, Sayangi.com – Garuda Indonesia pada hari ini, Selasa(10/09) memulai penerbangan kloter pertama calon jamaah haji (Calhaj) Indonesia. Penerbangan ini serentak di tujuh embarkasi dari 10 embarkasi yang dilayani.

Ketujuh embarkasi tersebut, yaitu Padang, Solo, Balikpapan, Makasar, Lombok menuju Jeddah dan embarkasi Palembang yang akan dimulai 18 September mendatang. Selain itu juga embarkasi Banjarmasin yang diberangkatkan pada 19 September dan embarkasi Banda Aceh mulai 29 September mendatang.

Pelepasan calon jamaah haji tersebut dilaksanakan oleh Menteri Agama RI Suryadharma Ali dan Dirjen Haji dan Umroh Kementrian Agama RI Anggita Abimanyu di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Dalam keterangan persnya, Vice President Corporate Communications PT Garuda Indonesia (Persero) TBK, Pujobroto di Asrama Haji, Selasa (10/09) mengatakan, pelaksanaan penerbangan haji tahun 2013/1434 H ini, Garuda Indonesia mengoperasikan 12 pesawat. Pesawat-pesawat tersebut terdiri dari wide-body (berbadan besar) yang terdiri dari sembilan pesawat Airbus A-330 (kapasitas 375 seat), dua pesawat Boeing 747-400 (Kapasitas 455 seat) dan satu pesawat Boeing 777-300 (kapasitas 440 seat).

“Pesawat-pesawat tersebut rata-rata berusia muda dan bahkan ada pesawat yang produksi pada tahun 2011. Awak kabin yang akan bertugas dalam pelaksanaan penerbangan haji tahun 2013/1434H ini berjumlah 492 orang dan sebanyak 85 persendari mereka adalah awak kabin yang direkrut dari masing-masing daerah embarkasi,” kata Pujobroto.

“Seperti dalam pidato Menteri Agama RI Suryadharma bahwa untuk embarkasi Jakarta dan Bekasi diberangkatkan dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur.”

Menurutnya, perubahan tempat ini karena jaraknya Bandara Halim Perdana Kusuma tidak terlalu jauh, terutama bila dibanding dari Bekasi ke Bandara Soekarno Hatta yang harus menempuh jarak sekitar dua jam.

“Kalau berangkatnya dari Halim Perdana Kusuma tidak terlalu lama,hanya 30 menit. Apalagi untuk Jakarta hanya 15 menit dari Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur,” jelasnya. (MI)