DPR: Jangan Hanya Sesumbar, Pak Jero Wacik!

Foto: setkab.go.id

Jakarta, sayangi.com – Anggota Komisi VII DPR RI, Asmin Amin mempertanyakan komitmen dan sesumbar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik tentang sistem pengawasan terkait pengelolaan anggaran perminyakan di SKK Migas. Sebab, kata dia, meski Jero Wacik sudah mengatakan bahwa sistem pengawasan di lembaganya sudah canggih kenapa Rudi Rubiandini mantan Kepala SKK Migas bisa ditangkap oleh KPK.

“Waktu kita coba tanyakan soal sistem pengawasan Jero Wicik itu sesumbar. dia mengatakan sistem pengawasan kami itu sudah hebat, sudah maksimal dan dan sudah canggih,” kata Asmin menirukan pernyataan Jero Wacik saat berbincang dengan Sayangi.com, di Jakarta, Selasa (17/9/2013).

Sesumbar lain Jero Wacik, menurut Asmin, adalah pernyataannya bahwa jika ada anak buahnya yang nakal atau terlibat korupsi, maka Jero akan menegurnya. Namun, dengan keterlibatan Rudi dalam kasus dugaan korupsi di SKK Migas menunjukkan jika apa yang dijanjikan Jero Wacik tidak terbukti secara nyata.

“Penangkapan Rudi itu adalah pintu masuk saja. Yang lebih besar itu lagi di bawah dan persoalan ini seperti gunung es,” katanya.

Tak hanya itu, Jero wacik juga belum memberikan laporan sistem pengawasan kepada Komisi VIII DPR. Padahal, kata dia, Jero yang juga politisi Partai Demokrat tersebut sudah menjanjikan akan memberikan laporan tentang sistem pengawasan yang sudah dipakai Jero selama ini.

“Kita sudah minta laporan, tapi belum dikasih. Pak Jero hanya berjanji dan kita tidak tahu kapan laporan itu akan diserahkan,” katanya.

Asmin menambahkan, tata kelola perminyakan masih banyak yang harus dibenahi. Misalnya tidak digunakannya sistem IT seperti sistem yang digunakan Bank Indonesia (BI). Sistem yang digunakan BI kata dia, sudah bagus karena apa pun yang dikeluarkan masing-masing Cabang BI langsung terlapor.

“Paling tidak laporannya harus sama dengan yang dilakukan BI. BI itu kan punya bank di mana-mana, tapi online. Apa pun yang dikeluarkan langsung terlapor. Tapi Pak Jero meyakinkan bahwa kita sudah melakukukan pengawasan yang hebat. Tapi tak lama kemudian Rudi ditangkap. Mana buktinya sesumbar itu,” katanya. (MI)

Berita Terkait

BAGIKAN