Kembali ke Indonesia 2014, Datsun Menenteng Mobil Murah

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Produsen mobil yang pernah mewarnai jalan-jalan Indonesia di era Orde Lama dan Orde Baru, Datsun, bakal kembali ke Indonesia pada 2014. Tak tanggung-tanggung, mereka bakal menenteng mobil murah dengan harga di bawah Rp 100 juta.

Kabar gembira itu diumumkan oleh Charles Ghosn, President dan Chief Executive Officer (CEO) Nissan Motor Co., Ltd – yang menjadi pemasar tunggal merek Datsun di Indonesia. Dalam jumpa pers hari ini di Jakarta, Selasa (17/9), tak dijelaskan kapan persisnya produk-produk Datsun akan terpajang di showroom-showroom di Indonesia.

Namun dipastikan, dua produk awal yang bakal dipasarkan adalah Datsun Go dan Datsun Go+. Keduanya masuk kategori mobil murah dengan harga di bawah Rp 100 juta. Kedua model tersebut akan dirakit di pabrik perakitan PT. Nissan Motor Indonesia di Purwakarta, Jawa Barat.

Datsun Go+ digambarkan sebagai kendaraan multi purpose vehicle (MPV) yang diperuntukkan untuk keluarga, dengan desain kabin yang cozy. Siluet body-nya diklaim dinamis, dengan shoulder line kokoh. Desain secara keseluruhan dibuat kompak, dengan lima pintu, tuga barus kursi penumpang, serta kursi depan yang dibuat fleksibel dan praktis. Disesuaikan dengan kebutuhan keluarga, Datsun G+ menawarkan dua kursi ekstra di bagian belakang yang bisa dijadikan ruang kargo tambahan. Spesifikasi lengkap Datsun Go maupun Datsun Go+ bisa dilihat di www.datsun.co.id.  

Merek Datsun pertama kali diperkenalkan di Jepang sebagai Dat-Go (mobil Dat) hampir seabad lalu, persisnya pada 1014. Kata “Dat” bermakna “secepat sambaran petir” dalam bahasa Jepang. Namun kata itu juga merujuk pada tiga orang penyokong utama Datsun: Den, Aoyama, dan Takeuchi. Menggunakan logika yang sama, mobil Datsun juga dijuluki “Durable” (daya tahan tinggi), “Attractive” (menarik), dan “Trustworthy” (dapat dipercaya). (MSR)

Berita Terkait

BAGIKAN