Outen, Berkayak Sendirian Mengelilingi Samudera Pasifik

Foto: Sarah Outen Doc

Inggris, Sayangi.com – Namanya Sarah Outen, kerap dipanggil Outen. Gadis petualang asal Inggris ini memiliki obesesi luar biasa dalam soal petualangannya. Gadis kelahiran 26 Mei 1986 silam ini sedang melintasi Samudera Raksasa, Samudera Pasifik dengan berkayuh sendirian menggunakan kayak miliknya.

Dilansir dari ABC News.com, Outen menyebut perjalanan ini sebagai London2London. Tak tanggung-tanggung untuk perjalanan mengarungi Samudera Pasifik ini ia harus berkayak dan bersepeda sepanjang 32000 kilometer.

Pengembaraan yang berlatar belakang charity dan pemecahan rekor ini kini genap dua setengah tahun. Ia memulainya perjalanannya dengan berkayak menyusuri Sungai Thames hingga melintasi Selat Inggris ke Perancis.

Lalu ia bersepeda sejauh 10.000 mil melalui Perancis  menuju Eropa hingga Asia seperti Belgia, Belanda , Jerman , Republik Ceko , Polandia , Ukraina , Rusia , Kazakhstan , dan China , sebelum akhirnya mengambil lintasan Timur Rusia . Pun kemudian Outen berkayak  sejauh 1000 mil dari pulau terpencil di Rusia bernama Pulau Sakhalin menuju Jepang.

Ia mengayuh kayaknya mengarungi Samudera Pasifik sejak 13 Mei 2012 silam. Namun kemudian ia terpaksa berhenti sejenak karena badai tropis yang tak mungkin dilabasnya. Tercatat, pada 27 April lalu Outen kembali ke lautan dengan kapal kukuh yang diberi nama Happy Socks.

Outen mengatakan bahwa idegila  untuk perjalanan ini datang ketika ia sedang mendayung dari Australia ke Mauritius tiga tahun lalu . Dimana perjalanan tersebut akan memberinya gelar sebagai orang termuda yang menyelesaikannya.

Outen pun mengaku terinspirasi oleh almarhum ayahnya yang meninggal pada tahun 2006 silam setelah pertempuran panjang dengan rheumatoid arthritis.

” Penderitaan ayah kala itu seakan menunjukkan saya yang masih remaja bagaimana hidup ini terlalu singkat , ” Tutur  Outen . ” Kalian harus mewujudkan sebagian besar keinginanmu mulai sekarang , karena kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok .” Lanjutnya bergelora.

Outen menyuarakan dan mendokumentasikan pengalamannya melalui berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter hingga Website-nya. Dua puluh jam yang lalu ia berkicau di twitternya “ Final 147 miles to Alaska.

Terakhir 4 jam lalu ia masih berkicau tentang apa yang baru saja ia alami “ Dua Paus besar tepat disampingku sebelumnya. Bersahaja, menakjubkan, inspirasional, fantastis. Membuat  si Happy Socks sangat excited” ungkapnya.

Jika tak ada hambatan di perjalanan, Outen diperkirakan akan mencapai Vancouver, Inggris, Columbia dan Kanada  pada bulan Oktober mendatang. (RH)