2014, Palembang Tuan Rumah MTQ Internasional

Foto: Antara

Palembang, Sayangi.com – Jika tahun ini Sumsel dipercaya menjadi tuan rumah perhelatan Islamic Solidarity Games (ISG) maka tahun depan 2014 juga kembali dipercaya menjadi Provinsi tuan rumah perhelatan internasional negara-negara Islam Jammiyatul Qurro Wal Huffadz (JQH) atau MTQ Internasional.

“JQH ini merupakan yang ke tiga kalinya dilaksanakan di Indonesia, tapi untuk tahun 2014 mendatang, Sumsel sebagai tuan rumah pertama pelaksanaan JQH di luar pulau Jawa. Sebelumnya, sebanyak dua kali dilaksanakan di Jakarta,” kata Ketua panitia MTQ Internasional, Nawawi Dencik ketika berkunjung ke DPRD Sumsel kemarin siang (18/09).

Dilanjutkan Dencik, pihaknya meminta dukungan pihak DPRD Sumsel terkait dana penyelenggaraan JQH tersebut.

“Dana yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan diperkirakan sekitar Rp 3,5 M, sedangkan untuk pembukaan dan penutupan sekitar Rp 350 juta, selebihnya sebagai dana untuk hadiah,” ujar Dencik.

Ditambahkan Dencik, JQH akan diikuti sekitar 20 negara Islam, dan mungkin akan bertambah lagi. Sedangkan untuk cabang yang diperlombakan ada dua yakni cabang tilawah dan hapalan Quran.

Sementara itu, Iqbal Romzi, anggota DPRD Sumsel mengatakan pihaknya sangat mendukung jika Sumsel akan menjadi tuan rumah JQH atau MTQ tingkat Internasional.

“Ini sebuah penghargaan karena Sumsel selalu dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan-kegiatan Internasional,” ucapnya.

Sedangkan mengenai anggaran, menurut Iqbal Romzi, DPRD Sumsel melalui Badan Anggaran akan siap untuk mengalokasikannya dalam APBD Sumsel.  (VAL)