Thanaka, Rahasia Kecantikan Wanita Burma

Foto: MyanmarLife

Myanmar, Sayangi.com – Dalam era serba teknologi tinggi seperti ini, terobosan demi terobosan baru ditemukan demi menciptakan produk-produk kecantikan wanita. Pembersih hingga pemutih dapat dengan mudah anda dapatkan di toko-toko terdekat. Namun lain halnya yang berlangsung di Burma, sejak ribuan tahun lalu warganya masih kukuh menggunakan sejumput bubuk untuk menjaga kecantikannya.

Adalah Thanaka, sebuah bubuk yang dipercaya dapat melindungi kulit wajah dari sengatan sinar matahari yang berbahaya. Bubuk yang dijuluki sebagai The secreat of beauty-nya wanita Burma ini berasal dari tanaman jenis Hesperethusa crenulata atau Limonia acidissima. Tanaman yang kerap disebut Thanaka ini merupakan jenis tumbuhan tropis. Tak hanya tumbuh di Burma tapi juga di kawasan India dan Asia Tenggara lainnya.

Kulit kayu dan buah dari pohon tersebut dipercaya mengandung khasiat obat. Kulit kayu dan buah tersebut diolah menjadi bubuk dan kemudian dicampur dengan air hingga teksturnya seperti bubuk masker wajah. Para wanita Burma, anak-anak hingga para pria selalu membubuhkannya di bagian wajah sebelum pergi keluar rumah. Dan hebatnya, mereka bangga dengan bubuk tradisional itu.

Hasil penelitian tim dari University of London’s School of Pharmacy dan Faculty of Science di Chulalongkorn University Bangkok mengungkapkan bahwa kulit kayu Thanaka tak hanya mengandung antioksidan tinggi namun juga memiliki sifat antiinflamasi serta mencerahkan kulit.

Beberapa studi lainnya bahkan menunjukan bahwa bubuk kulit thanaka mengandung zat-zat yang bersifat sebagai penghambat tryosinase, sebuah enzim yang bertanggung jawab untuk perubahan warna kulit serta sintesis melanin, yang juga berarti memiliki sifat pencerah kulit yang sangat signifikan. Tak hanya melindungi dari sinar matahari, thanaka juga mengandung sejumlah zat yang bekerja untuk mengencangkan kulit dan bekerja melawan keriput. (FIT/MyanmarLife)