Group Suedati “Rambideun” Pukau Penonton PKA VI

Foto: Facebook Seudati Festival

Banda Aceh, Sayangi.com – Grup Seudati “Rambideun” asal Kota Banda Aceh yang tampil di panggung PKA VI pada Senin (23/9) sore mendapat sambutan cukup meriah dari para penonton. Bukan saja karena penampilan gerakannya yang cukup memukau, namun juga pesan-pesan positif yang disampaikan dalam syair oleh dua orang syehnya. Syeh mengajak para remaja untuk menjauhi segala bentuk narkoba.

Seudati merupakan sebuah kekayaan budaya Aceh. Seudati tarian yang semua personil adalah laki-laki. Tarian Seudati memperagakan tarian badan yang heroik sembari memetik jari dan tepuk dada dan perut yang kemudian diiringi oleh syair-syair yang bernafas Islami.

Grup Seudati Rambideun tampil dalam rangka perlombaan tari seudati yang digelar pada even PKA VI kali ini. Ratusan penonton yang menyaksikan tampak betah dan bahkan semakin menyemut meramaikan areal panggung tersebut.

Pada kesempatan itu masing-masing grup yang tampil diisi delapan penari diiringi dua orang syeh. Selain menyinggung masalah bahaya narkoba, dua syeh yang membawakan alunan syair dalam bahasa Aceh juga mengajak masyarakat untuk selalu mempedomani kitab suci Al-Qur’an sebagai penunjuk dan penerang alam dunia hingga akhirat.

“Banyak sekali pesan yang kami sampaikan dalam syair tari seudati, sehingga seudati tidak hanya menampilkan tarian unik memukul perut saja namun juga sarat dengan doa dan seruan agama. Mudah-mudahan penampilan kami tadi menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat yang menyaksikan,” ujar Salahuddin sang syeh. (VAL)

Berita Terkait

BAGIKAN