Nurhayati: Penolakan Ruhut Preseden Buruk

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com– Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Nurhayati Ali Assegaf mengatakan, penolakan Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III DPR RI adalah preseden buruk.

“Ini sungguh merupakan preseden jelek, tak hanya bagi fraksi Demokrat, tapi bagi semua karena belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Nurhayati di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Atas kejadian tersebut, kata Ketua Fraksi Demokrat itu, pihaknya akan melaporkan kepada DPP Partai Demokrat atas penolakan Ruhut tersebut, “Belum dipastikan ada nama baru atau tidak karena kami harus melaporkan ke DPP Partai Demokrat,” ungkap Nurhayati.

Ia juga menyayangkan penolakan tersebut oleh anggota Komisi III DPR RI. Padahal, sambung dia, fraksi sudah melakukan lobi-lobi dan ternyata terjadi penolakan. Bahkan, kata dia, penolakan tersebut sudah masuk ke ranah personal.

“Karena tadi kami lihat dinamikannya tidak santun dan sangat tidak etis yang sifatnya menyerang personal, maka kami akan laporkan ke DPP PD. Dan kami akan menunggu kebijakan DPP PD,” kata Wakil Ketum PD itu.

Selain itu, ada aturan yang sebenarnya tidak berjalan baik dalam menetapkan Ruhut sebagai Ketua Komisi III DPR RI.

“Mereka harus menghargai konvensi yang sudah ditetapkan pada awal-awal tahun 2009. Tapi ini pergantian, sesuai pasal 52 ayat 8 bahwa pergantian pimpinan komisi dapat dilakukan oleh fraksi yang bersangkutan untuk selanjutnya ditetapkan dalam rapat komisi yang dipimpin oleh pimpinan DPR. “Ini bukan pemilihan tapi pergantian dimana itu adalah hak fraksi yang kemudian ditetapkan oleh komisi dan pimpinan DPR,” kata Nurhayati. (Ant)