Bawaslu Sumsel Siap Awasi Dana Kampanye Parpol

Foto: Bawaslu Sumsel

Palembang, Sayangi.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Selatan saat ini tengah mengkaji aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat tentang pelaporan dana kampanye yang tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 17 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaporan Dana Kampanye Peserta Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD.

“Bila melihat isi dari PKPU tersebut ada dua target yang diwajibkan memiliki rekening khusus dana kampanye, yakni partai politik dan caleg DPD,” kata Kurniawan, Anggota Bawaslu Sumsel Bidang Pengawasan. (24/9)

Namun hingga saat ini Bawaslu Sumsel belum menerima surat tembusan dari KPU Pusat mengenai Peraturan PKPU tersebut. Meski demikian, Bawaslu Sumsel siap mengawasi terkait peraturan dana Kampanye dari Parpol dan Caleg.

“Kami belum menerima surat tembusannya, namun kami sudah pasti siap semaksimal mungkin untuk mengawasi pengaturan dana kampanye ini,” ujar Kurnia.

Menurutnya dana kampanye tersebut dapat terlacak melalui transaksi perbankan. “Adanya transaksi yang dilarang mengenai peraturan dana kampanye tersebut dapat terlacak melalui keluar masuknya dana yang dilakukan masing-masing Parpol kepada Calegnya, bila adanya kecurangan itu terjadi tentunya Caleg akan dikenakan sanksi dengan dilakukan penelitian terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan,” paparnya.

Kurniawan juga menyatakan kemungkinan meningkatnya kecurangan dari para Caleg bisa saja terjadi. Namun dengan adanya peraturan yang dilaksanakan KPU dapat mengantisipasi kemungkinan adanya peningkatan kecurangan. ” Mudah-mudahan semua dapat terakomodir dengan baik sehingga memperkecil kemungkinan kecurangan,” tandasnya.(VAL)

Berita Terkait

BAGIKAN