Ustad Aswan Tidak Etis Sebut Pipik Mantan Istri Uje

Foto: sayangi.com/istimewa

Pamekasan, Sayangi.com – Pernyataan Ustad Aswan yang menyebut Pipik Dian Irawati sudah menjadi mantan istri Ustad Jefry Al Buchori (Uje) dinilai tidak etis. Alasannya karena Pipik merupakan perempuan yang ditinggal mati suami, bukan diceraikan. Selain itu, Pipik hingga kini masih belum menikah lagi.

Penilaian ini disampaikan Ustadz Imam Hanafi, Pengurus Pondok Pesantren Al-Hamidy Pamekasan menanggapi komentar Ustad Aswan yang juga Kakak Uje tersebut. Menurutnya, Pipik masih tetap berstatus istri Uje.

“Pernyataan Kakak Uje (Ustad Aswan) itu kurang etis, karena kini Pipik (istri Uje) masih masa berkabung. Lagi pula status “mantan” itu kalau perceraian atau sudah menikah lagi,” kata Imam Hanafi di Pamekasan, Madura, kepada Sayangi.com, Selasa (24/9/2013) malam.

Ia lantas menyebut salah satu hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Thabrani yang dinilai sahih oleh Al-Albani. Dari hadits itu disebutkan bahwa bagi seorang perempuan yang ditinggal mati suaminya, kemudian menikah lagi, maka dia menjadi istri bagi suaminya yang terakhir.

“Jadi dengan hadits ini jelas bahwa Pipik saat ini masih berstatus istri Uje,” jelasnya.

Seperti diketahui, keluarga Uje kini tengah berpolemik seputar pemugaran makam Uje. Pipik mengaku kaget setelah mengetahui pemugaran makam tersebut, karena suaminya pernah mengamanahkan agar makamnya sederhana saja, seperti makam pada umumnya. Namun, di sisi lain, keluarga besar Uje lainnya menginginkan pemugaran makam tersebut, termasuk Ustad Aswan.

Bahkan, Aswan menganggap kini Pipik sudah tidak punya hak lagi terhadap mantan suaminya itu, karena sudah melewati masa iddah, atau masa menunggu, yakni mencapai empat bulan dan 10 hari.

“Silakan buka lagi Fiqh, di situ dijelaskan bahwa apabila sepasang suami istri meninggal salah satunya, maka dalam waktu kurun iddah adalah proses perceraian. Setelah masa iddah, maka orang tersebut boleh menikah dengan siapapun, dan dia telah terputus haknya. Istilahnya sudah jadi mantan. Jadi ketika suami meninggal dunia, istri menjadi mantan,” jelas Aswan beberapa waktu lalu.

Berita Terkait

BAGIKAN