JK: Jangan Diskriminasi Orang Miliki Mobil

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan sebaiknya jangan mendiskriminasi seseorang untuk membeli mobil.

“Jangan mendiskriminasi orang yang baru bisa membeli mobil murah sehingga seolah-olah Jakarta itu hanya untuk orang kaya,” kata Jusuf Kalla di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa menanggapi pertanyaan wartawan tentang mobil “low cost green car” (LCGC).

Jusuf Kalla (JK) mengatakan LCGC merupakan mobil murah dan efisien yang ramah lingkungan. Karena itu, dia menganggap mobil tersebut memiliki konsep yang bagus.

Terkait penolakan beberapa pihak yang menuding mobil LCGC akan menyebabkan kemacetan di kota besar semakin parah, JK mengatakan mobil itu justru akan mengurangi kemacetan.

“Saat ini saja kan sudah macet. Dengan adanya mobil murah yang ukurannya lebih kecil ini maka kemacetan akan berkurang karena tidak menghabiskan ruang jalan. Kalo mobil biasa memakan jalan 10 meter persegi, mobil ini kan cuma lima meter persegi,” tuturnya.

Karena itu, dia meyakini meskipun dengan adanya LCGC volume mobil di jalanan akan bertambah, kemacetan di Jakarta akan berkurang. Sebab, mungkin saja orang yang saat ini sudah punya mobil yang besar, akan beralih menggunakan LCGC yang lebih kecil.

“Kan belum tentu punya dua mobil itu dipakai dua-duanya. Jadi tidak ada yang salah. Indonesia ini mobil mahal disalahkan, mobil murah disalahkan,” ujarnya. (ANT)