Dishub DKI: Cabut Pentil Biar Kapok

Foto: suaralsmonline.com

Kepala Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, Udar Pristono, mengatakan semaraknya pencabutan pentil atau menggembosi ban mobil dan motor akhir-akhir ini gencar dilakukan oleh petugas Dishub DKI Jakarta. Hal itu dilakukan guna memberikan pemilik kendaraan kapok untuk memarkirkan kendaraannya di area terlarang.

“Penggembosan dan mencabut pentil ban kendaraan bagi yang melanggar parkir sembarangan. Pemberian sanksi ini biar pemilik kendaran jera dan kapok. Pentil yang dicabut, kami simpan dan mereka kami beri peringatan. Bagi mereka yang ingin mengambil pentilnya silakan ke kantor kami di Jatibaru, Jakarta Pusat,” kata Kepala Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, Udar Pristono, saat dikonfirmasi Sayangi.com, Rabu (25/9).

Kata Pristono, pemberian sanksi terhadap kendaraan yang parkir sembarangan itu telah sesuai dengan apa yang diatur dalam Undang-Undang (UU) No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Peraturan Daerah (Perda) No. 8 Tahun 2007 Tentang Ketertiban Umum dan Perda No. 12 Tahun 2003 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Kereta Api, Sungai, dan Danau.

“Penggembosan dan cabut pentil sekadar untuk memperingatkan pelanggar. Karena hilir dari aturan ini adalah penilangan. Penegakan hukum akan membuat jera pelanggar untuk tidak mengulangi lagi kesalahannya,” pungkas Pristono.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyerahkan sepenuhnya urusan razia pencabutan tutup pentil kepada dinas perhubungan DKI Jakarta.

“Pencopotan katup pentil kendaraan bermotor yang parkir liar itu urusannya Dishub, pokonya diserahkan ke dishub implementasinya. Itu bukan urusan gubernur,” ujar Joko Widodo di Balai Kota, Jakarta, Selasa. (RH)