LBH Aceh: Negara Indonesia Telah Dikuasai Pemilik Modal

Foto:atjehlink.com/

Banda Aceh, sayangi.com – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Aceh, menudinh Negara Indonesia telah kuasai oleh Pemilik Modal, baik pemilik modal asing maupun dalam negeri. Indikasi ini bisa dilihat jelas dalam praktek hukum agraria, penguasaan tanah sekarang lebih berpihak kepada kentingan kapitalistik.

Kapitalistik tersebut tidak dapat dipungkiri telah melahirkan ketidakadilan yang harusnya ditanggung oleh Negara, yang secara konstitusional memiliki kewajiban untuk mensejahterakan dan memberikan keadilan kepada seluruh warga Negara.

“Banyak kebijakan Negara yang secara sengaja telah memiskin petani, yang pada hakikatnya dapat dikatakan sebagai bentuk kegagalan Negara,”, kata Koordinator LBH Aceh, Mustiqal Syah Putra, SH, Rabu (25/9/2013).

Dikatakan Mustiqal, kondisi objektif yang ada saat ini justru menunjukkan bahwa Negara telah menggunakan otoritas kekuasaannya untuk secara sengaja menjadikan sekelompok orang untuk dapat menguasai sumber daya agraria melebihi batas maksimal yang diperkenankan menurut undang-undang.

Ia menyebutkan, tindakan pemerintah tersebut jelas tidak berpihak kepada warganya, terutama warga miskin dan rentan. Tindakan tersebut merupakan bentuk paling nyata tindakan kekerasan dan penindasan oleh Negara terhadap rakyat. (RH)

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

BAGIKAN