Proyek Perbaikan Saluran Kapuk Mangkrak

Foto : beritajakarta.com

Jakarta, Sayangi.com – Warga yang bermukim di RW 01 Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng mempertanyakan keseriusan Pemkot Administrasi Jakarta Barat dalam pengentasan masalah banjir di wilayahnya. Sebab, proyek perbaikan saluran air di sepanjang Jl Kapuk Raya dan Jl Kapuk Poglar sudah dua tahun belakangan justru terbengkalai. Padahal, wilayah tersebut dikenal sebagai salah satu titik rawan banjir.

Jayadi (55), warga RW 01 Kelurahan Kapuk menuturkan, mangkraknya proyek itu mengakibatkan air pada saluran sejajar dengan jalan. “Dengan ratanya air dengan jalan saja kerap menimbulkan genangan meski tidak turun hujan. Kalau sedang hujan atau rob, sering menimbulkan genangan setinggi 30-60 sentimeter hingga membuat arus lalu lintas menjadi macet,” keluh Jayadi, Rabu (25/9).

Kepala Sudin Pekerjaan Umum (PU) Tata Air Jakarta Barat, Pamudji mengatakan, pihaknya memang berencana melanjutkan kembali proyek tersebut. “Akhir bulan ini normalisasi saluran air di kawasan itu segera dilanjutkan. Saat ini, masih dalam proses lelang,” ungkapnya.

Pihaknya, kata Pamudji, juga akan berkoordinasi dengan Sudin PU Tata Air Jakarta Utara mengingat perbaikan yang dilakukan akan berdampak pula pada wilayah Teluk Gong di Jakarta Utara. “Penanganan saluran ini akan berdampak pada wilayah Kampung Apung dan Teluk Gong di Jakarta Utara. Makanya kami sedang berkoordinasi dengan Sudin PU Tata Air Jakut untuk melanjutkan perbaikan,” katanya.

Ditambahkan Pamudji, perbaikan saluran air tersebut menelan anggaran sebesar Rp 12,5 miliar yang dianggarkan oleh Dinas PU DKI Jakarta, Sudin PU Tata Air Jakarta Barat, dan Sudin PU Jakarta Utara. (bj)

Berita Terkait

BAGIKAN