Tertekan dengan Pertanyaan Kapan Menikah?

Foto/Ilustrasi : my.opera.com

Jakarta, Sayangi.com – Menikah. Sebuah kata yang paling dinantikan atau bahkan paling enggan didengar baik laki-laki ataupun perempuan. Banyak dari para lajang ini yang masih merasa enjoy dengan kesendiriannya sehingga ia dapat melewati atau menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam itu dengan santai dan tenang. Ada juga yang menganggapnya menjadi serius dan malah tertekan dengan kondisi yang ada, terutama bagi wanita. Tak sedikit wanita yang merasa gerah ketika dilontarkan pertanyaan semacam itu. Sepertinya kedudukan perempuan di posisi kedua membuat munculnya ada aturan tak tertulis bagi wanita untuk menikah di usia tertentu dan bila telah melewati masa itu, maka seringkali wanita tersebut dijuluki “perawan tua”. Lantas giliran kapan giliran anda menikah?

Bagi para lajang yang sering merasa terganggu dengan pertanyaan kapan menikah, berikut beberapa tips untuk mengatasi rasa tekanan tersebut :

• Cobalah untuk membuat rencana dan putuskan apapun itu yang terbaik untuk anda. Dari mulai masalah pendidikan, pekerjaan, sampai mengenai kapan menikah dan dengan siapa anda harus menikah. Ini hidup anda jadi mulailah untuk merencakanan dengan baik apa yang menjadi pilihan anda.

• Jagalah komunikasi yang baik dengan berbagai pihak terutama dengan keluarga anda sendiri. Komunikasi yang berjalan dengan baik dan lancar akan mempermudah anda melewati tekanan-tekanan mengenai pertanyaan kapan anda akan menikah. Hal ini disebabkan orang di sekeliling anda secara otomatis sudah mengetahui apa yang menjadi prioritas anda dan mereka akan mengurangi berbagai pertanyaan yang bersifat menekan anda.

• Tetap memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Dengan memiliki hal tersebut akan membantu anda melewati berbagai permasalahan terutama masalah pernikahan yang menghadang di depan mata.

• Jika kita merasa tertekan, seringkali kita akan menghindari sumber yang menjadi tekanan tersebut. Bila teman dan keluarga yang seringkali bertanya mengenai kapan anda akan menikah, maka jangan hindari mereka, tapi hadapi dengan jawaban yang singkat, tepat dan penuh percaya diri. Hal tersebut akan membuat mereka urung bertanya lagi.

• Cobalah untuk merenung dan pikirkan masak-masak bahwa pernikahan bukanlah sesuatu yang harus dilakukan dengan terburu-buru. Tapi anda harus benar-benar memutuskan dengan tepat sesuatu yang dikatakan once in a life time ini. Dimana kita sangat mengharapkan mendapatkan sosok yang tepat dan tidak dapat kita temukan hanya dalam satu hari.

So, keep calm and confident. Menikah tentu saja diharapkan sebagai hal yang dilakukan sekali seumur hidup. Jadi, pikirkan baik-baik sebelum kamu memutuskan “dialah orang yang tepat”. Enjoy your life. (FIT)

Berita Terkait

BAGIKAN