Penetapan Cabup Terpilih Nagakeo 30 September

Foto: Antara

Kupang, Sayangi.com – Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur Djidon de Haan mengatakan akan menggelar pleno rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo terpilih pada 30 September 2013.

“Saat ini masih dilakukan penghitungan suara, tetapi pleno penetapan calon terpilih sudah diagendakan pada 30 September. Kami harapkan jadwal ini tidak mengalami perubahan,” kata Djidon de Haan, Rabu, terkait penetapan paket terpilih dalam Pilkada Nagekeo.

Dalam Pilkada Nagekeo putaran kedua yang digelar Senin (23/9), pasangan Elias Djo-Paulinus Nuwa Veto yang bersandikan (Lilin), masih tetap memimpin perolehan suara dengan meraih 27.211 suara.

Sementara pasangan Sevasius Podhi-Ibrahim Jusuf (Serius) meraih 23.388 suara dari total suara sah yang sudah masuk ke KPU sebanyak 59,97 persen.

Data perolehan suara dua pasangan calon yang bertarung dalam Pilkada Nagekeo itu merupakan hasil penghitungan sementara dari 112 tempat pemungutan suara (TPS).

“Masih ada sekitar sekitar 100 TPS lagi yang belum masuk, tetapi KPU sudah tidak lagi mempublikasikan data hasil perolehan suara, sampai pleno rekapitulasi dan penghitungan suara awal pekan depan,” katanya.

Djidon juga mengingatkan semua pihak untuk tetap menjaga suasana damai antar sesama hingga pleno rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan pasangan calon terpilih untuk memimpin daerah itu periode 2013-2018.

Dia mengatakan, siapapun yang terpilih untuk memimpin daerah itu lima tahun ke depan adalah pilihan rakyat dan semua pihak harus menghormatinya, kata Djidon de Haan.

“KPU mengharapkan, masing-masing pasangan calon menjaga para pendukung, agar siap menerima apapun yang sudah menjadi pilihan rakyat. Semua rakyat Nagekeo harus bersatu mendukung pasagnan terpilih,” katanya.

Kalaupun ada yang merasa keberatan, kata dia, ada mekanisme dan ruang yang sudah diberikan penyelenggara yakni mengajukan upaya hukum ke Mahkamah Konstitusi (MK).