Pesepakbola Muslim Yang Melegenda di Eropa (1)

Foto : www.whoateallthepies.tv

Sayangi.comPesepakbola Muslim di liga-liga Eropa memang sudah sulit dihitung lagi jumlahnya. Namun pesepakbola Muslim yang melegenda di jagat sepakbola Eropa tentu bisa dihitung jari.

Siapa saja mereka? Sayangi.com menyajikan secara berseri, meliputi Samir Nasri, Frederic Kanoute, Eric Abidal, Yaya Toure, Mezut Ozil, Frank Ribery dan diakhiri Zinedine Zidan.

Samir Nasri, Manchester City

Samir Nasri lahir di Marseille, Perancis, 26 Juni 1987. Kendati sering tampil kurang konsisten, namun pria keturunan Aljazair yang biasa baca Al Fatihah sebelum bertanding ini memiliki tehnik bermain bola yang luar biasa.

Tidak mengherankan bila sejak usia muda, Samir telah menjadi pemain andalan Tim Nasional Perancis.

Samir Nasri pernah bermain untuk Marseille dan Arsenal, sebelum membela Manchester City. Samir bermain 121 kali dan mencetak 11 gol untuk Marseille sepanjang tahun 2004 hingga 2008.

Nasri memulai karier sepak bolanya dengan bermain untuk klub pemuda lokal di kampung halamannya di Marseille. Pada usia sembilan tahun, ia bergabung dengan Olympique de Marseille dan selama tujuh tahun berlatih di akademi pembinaan usia muda klub di La Commanderie.

Debut profesionalnya untuk Marseille pada September 2004 saat Nasri berusia 17 tahun melawan Sochaux. Pada musim berikutnya, ia masuk starting eleven. Nasri juga berpartisipasi dalam kompetisi Eropa untuk pertama kalinya saat Marseille tampil di Piala UEFA 2005-06.

Di musim 2006-07, Nasri dinobatkan sebagai Pemain Sepak Bola Muda Terbaik versi UNFB. Gelar serupa pernah diraih Karim Benzema.

Ia mengakhiri karier di Marseille setelah bermain sebanyak 160 kali penampilan. Di klub itu Nasri mengantarkan dua kali masuk final Coupe de France pada 2006 dan 2007.

Pada Juni 2008, Nasri bergabung dengan klub Liga Utama Inggris, Arsenal.

Pada bulan Desember 2010, ia dinobatkan sebagai Pemain Sepak Bola Perancis Terbaik. Pada bulan Agustus 2011, setelah tiga musim bersama Arsenal, Nasri bergabung dengan Manchester City dengan durasi kontrak empat tahun.

Karir Internasional

Samir Nasri telah bermain di Tim Nasional Perancis sejak kategori U-16, U-17, U-18, U-19, U-21, dan senior.

Saat bermain di tim U-17, Nasri turut mengantarkan Perancis memenangkan Kejuaraan U-17 UEFA 2004. Di Tim itu Nasri bermain bersama Karim Benzema dan Hatem Ben Arfa.

Debut Internasional di Tim Senior pada Maret 2007 saat pertandingan persahabatan melawan Austria. Dua bulan kemudian, ia mencetak gol internasional pertamanya di Tim Senior saat bertanding melawan Georgia pada kualifikasi Euro 2012.

Selain itu, Nasri telah mewakili Perancis pada dua turnamen internasional utama, yaitu UEFA Euro 2008 dan UEFA Euro 2012. (bersambung)

Berita Terkait

BAGIKAN