Diego Michels Sosok Mualaf di Timnas U-23

Palembang, Sayangi.com – Ada yang beda dengan penampilan Diego Michels di ajang Islamic Solidaritry Games 2013. Bek kiri timnas U-23 itu terlihat berjanggut dan brewokan. Kesan ini terlihat lebih religi, meski banyak tatto di sekujur tubuhnya.  

Paling tidak itulah komentar Dolah, salah satu penonton ketika menyaksikan pertandingan final cabang sepakbola ISG yang akhirnya dimenangkan oleh Maroko dengan skor 2-1.

” Mudah-mudahan dia benar-benar mendapat hidayah, ngak cuma janggutan doank,” celoteh Dolah mengomentari penampilan Diego Michels.  

Diego kini tidak sungkan lagi menyatakan dirinya seorang muslim. Seperti kicauannya di jejaring media sosial twitter. Pemain yang menjadi mualaf sejak Februari 2013 itu pun mengungkapkan kegembiraannya, saat dipercaya memperkuat timnas U-23 menjelang SEA Games 2013 Myanmar. Diego Michiels telah resmi mengganti namanya dengan Diego Muhammad bin Robbie Michiels setelah mengucap dua kalimat syahadat.

“Alhamdulillah dipanggil lagi 11-17 Agustus di Yogya #timnas,” tulis Diego melalu akun Twitter-nya, @Diegomichiels24, Sabtu (3/8).

Pelatih timnas U-23 Rahmad Darmawan (RD) mengatakan, Diego pantas untuk kembali dipercaya memperkuat timnas. Karena ia punya potensi meski pun kerap bermasalah dengan kedisiplinan. Ia berharap Diego memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

Karier Diego di timnas menurun drastis setelah mendekam di penjara selama 3,5 bulan akibat terlibat pemukulan di salah satu klub malam, akhir tahun lalu. Diego pun akhirnya dicoret dari skuat timnas yang sedang melakukan persiapan menjelang Piala AFF 2012.

Setelah bebas dari penjara pada awal Maret, Diego sempat mendapat kepercayaan dari RD untuk mengikuti seleksi timnas menjelang laga kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi di Stadion GBK, 23 Maret. Namun Diego tak masuk dalam skuat final karena kondisi fisiknya dinilai masih lemah setelah menjalani masa tahanan.

Kini, ujar RD, Diego sudah kembali ke performa terbaiknya. Alasannya karena bek naturalisasi asal Belanda tersebut mendapat banyak kesempatan bermain oleh Sriwijaya FC.

Bagi RD, Diego merupakan sosok yang dibutuhkan timnas. Bukan hanya tangguh dalam mengawal sisi kiri pertahanan, kekasih artis Nikita Willy itu juga dikenal sebagai pemain belakang yang cukup rajin dalam membantu serangan.

Khabarnya pemain Sriwijaya FC itu banyak mendapat belajar tentang Islam saat mendekam di LP Cipinang dan mempunyai seorang guru bernama Habib Fahmi Alatas.