Harga Hewan Kurban di Lampung Stabil

Foto : Antara

Bandarlampung, Sayangi.com – Harga hewan kurban di Kota Bandarlampung Provinsi Lampung masih stabil, belum ada peningkatan menjelang Idul Adha 1434 Hijriah.

Herman, pedagang kambing di Bandarlampung, Selasa (1/10), mengatakan harga hewan kurban berupa kambing saat ini Rp1,5 juta hingga Rp2,1 juta per ekor.

Namun menurut dia, apabila masuk tujuh hari menjelang (H-7) Idul Adha 1434 Hijriah, harga ternak untuk kurban itu akan naik harganya mencapai kisaran Rp3 juta tergantung kondisi kambing tersebut.

“Harganya tergantung kualitas hewan ternak itu, biasanya jika badannya agak kurus harganya jadi lebih murah,” kata dia.

Menurut dia, diprediksi tahun ini penjualan ternak untuk kurban itu akan meningkat, mengingat pedagang ternak yang menjual hewan untuk kurban pada tahun ini terbilang sedikit.

Tahun lalu, ujarnya, penjualan ternak untuk kurban itu meningkat pada sehari hingga dua hari (H-1/H-2) jelang Idul Adha dengan para konsumen banyak datang ketika sudah mendekati hari H, mengingat umumnya konsumen akan langsung membawa ternak yang dibelinya ke masjid atau tempat pemotongan hewan kurban.

Beberapa pedagang ternak untuk kurban di Bandarlampung lainnya juga membenarkan kondisi harga ternak itu masih relatif stabil. Mereka juga memperkirakan konsumen akan banyak mencari hewan kurban itu beberapa hari menjelang Idul Adha nanti.

“Saat ini saya tidak banyak menjual ternak untuk kurban itu karena permintaan belum banyak,” kata Rohmat, pedagang ternak kurban itu pula.

Ia mengungkapkan, saat mendekati hari H Idul Adha biasanya konsumen baru berdatangan, meskipun harga tinggi, tetap saja konsumen berminat membeli khususnya hewan ternak yang sehat.

Menurut dia, keuntungan penjualan ternak untuk kurban itu bisa mencapai dua kali lipat dari modal yang dikeluarkan.

“Tahun lalu mendapatkan keuntungan mencapai Rp12 juta,” katanya lagi.

Para pedagang hewan ternak untuk kurban itu, menyatakan bahwa untuk sapi masih mematok harga lama, yakni berkisar Rp8 juta hingga Rp12 juta per ekor, namun mendekati Idul Adha harganya bisa meningkat mencapai Rp15 juta per ekor.

“Harga sapi untuk kurban itu pada saat menjelang Idul Adha biasanya tinggi mencapai Rp17 juta per ekor dengan kualitas yang baik,” kata Ridho, pedagang sapi di Bandarlampung itu pula. (Ant)