Tips Hadapi Rekan Kantor Menyebalkan

Foto: gizmodo.com

Jakarta, Sayangi.com – Dengan bekerja dikantor terkadang kita dapat menemukan suasana menyenangkan dan kondusif, namun tak jarang kita juga mendapati situasi yang sama sekali tidak kondusif akibat perilaku rekan kerja yang super duper ngeselin. Tak semua rekan kerja memiliki sifat yang menyenangkan, sebagian juga bahkan memiliki kepribadian yang merusak mood kerja atau bahkan lebih buruk lagi dapat memicu stres.

Jika anda dengan sangat terpaksa harus berhadapan pada situasi seperti ini, cobalah lebih dulu kenali beberapa rekan kerja yang memiliki karakter tidak menyenangkan seperti dibawah ini, sebelum anda mengambil tindakan lebih lanjut.

•  Si pencuri perhatian / penjilat
Dalam setiap kantor memang ada saja dijumpai salah satu rekan kerja yang selalu berusaha mencuri perhatian rekan kerja yang lain, terutama atasan. Kalau sampai itu terjadi, cobalah untuk membiarkannya beraksi terlebih dahulu, hadapi dengan tenang dan jika anda ingin membuatnya bungkam, maka sebaiknya pilihlah kata-kata yang tepat. Selain itu cobalah untuk menunjukkan kinerja anda sebaik – baiknya dan hindari melakukan cara “menjilat” seperti yang rekan anda lakukan.

•  Tak punya sopan santun
Jika anda memiliki rekan kerja yang selalu bersikap semaunya, seperti senang memasang musik dengan keras sehingga mengganggu konsentrasi anda, atau masuk kerja tidak sesuai aturan jam kantor alias sering datang siang dengan berbagai alasan. Maka yang harus anda lakukan adalah, anda berhak untuk memintanya berhenti bersikap semaunya, namun biasanya hal tersebut malahan akan dianggapnya sebagai bentuk konfrontasi apabila anda bukan atasan langsung dari “si tidak punya sopan santun” ini. Jika hal tersebut terjadi pada anda, maka bicarakanlah kepada manager anda agar manager anda dapat turun tangan langsung menyelesaikan masalah ini.

•  Pemalas
Jika ada rekan kerja yang menunjukkan sikap pemalasnya, seperti sering datang telat ke kantor, namun selalu pulang lebih awal, mengambil jam istirahat makan siang yang lebih panjang, maka anda harus siap-siap untuk mengambil langkah jitu.

•  Terlalu banyak bicara
Pada mulanya si rekan kerja datang ke meja anda untuk menanyakan sesuatu, namun selanjutnya malah melanjutkan percakapan yang kurang penting yang akan mengganggu pekerjaan anda. Yang harus anda lakukan adalah cobalah untuk memotong pembicaraanya dengan mengatakan kalau anda sedang mengerjakan sesuatu yang penting. Karena jika sekali saja anda membiarkan dia melakukan aksinya, maka dijamin anda akan keteteran dengan pekerjaan yang seharusnya dapat anda kerjakan, ketimbang mendengarkan dia membicarakan sesuatu yang tidak penting.

• Si sok tahu
Sikap dan perilakunya menunjukkan seolah dia adalah orang yang paling tahu segalanya dibandingkan rekan kerjanya yang lain. Padahal sebenarnya belum tentu juga dia memang lebih tahu. Cara menghadapinya adalah jangan sampai anda terlihat frustasi. Cobalah untuk memberanikan diri memberikan argumentasi dan opini anda pada saat dia melayangkan aksi sok tahunya. Jika anda bernai melakukan hal tersebut maka, dia akan diam sendiri disaat dirinya mengetahui bahwa dirinya tidak selalu benar dan ternyata ada yang lebih tahu dari dia.

Itulah beberapa tipe sikap rekan kerja yang kurang menyenangkan dan sangat mengganggu. Cobalah untuk kenali dulu sikap rekan kerja yang kurang menyenangkan ini, kemudian ambil tindakan langsung agar tidak berpengaruh terhadap kinerja anda dikantor. Semoga bermanfaat. (FIT)

Berita Terkait

BAGIKAN