Jokowi : Tak Ada Intervensi Parpol untuk Jabatan Sekda

Foto : Sayangi.com/Emil Ondo

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menjamin proses pemilihan Sekretaris Daerah (Sekda) yang hingga kini masih berlangsung tidak diintervensi partai politik (parpol). Sebanyak 15 pejabat eselon II di lingkungan Pemprov DKI telah mengikuti proses seleksi beberapa waktu lalu untuk mengisi posisi Sekda yang hingga kini masih kosong.

Dikatakan Jokowi, hingga kini dirinya belum menemukan calon yang cocok untuk mengisi jabatan strategis ini. Meski begitu, dirinya menampik jika lamanya penetapan Sekda dikarenakan adanya intervensi dari parpol. “Tidak ada, mana ada intervensi dari parpol. Siapa itu yang intervensi?,” ujar Jokowi, di Balaikota, Selasa (1/10).

Jokowi pun, belum bisa memastikan kapan calon Sekda akan ditetapkan. Karena dirinya masih mencari figur yang cocok untuk mengisi jabatan tersebut. Seleksi Sekda tahap awal, kata Jokowi, dilakukan terhadap sembilan pejabat eselon II. Kemudian pada tahap kedua ada enam pejabat yang juga eselon II yang mengikuti seleksi. “Belum ketemu kriteria yang cocok,” katanya.

Pejabat yang telah mengikuti seleksi diantaranya yakni Kepala Dinas Pendidikan Tafik Yudi Mulyanto, Kelapa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Arie Budhiman, Asisten Kesejahteraan Mara Oloan Siregar, Kepala Dinas Energi dan Perindustrian Andi Baso Mappapoleonro, Sekretaris Dewan DPRD DKI Mangara Pardede, Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Purba Hutapea, dan Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono.

Rencananya, Jokowi akan mengevaluasi dan menyaring calon Sekda pada akhir Desember atau awal Januari 2014 untuk segera diproses oleh Mendagri. (bj)

 

Berita Terkait

BAGIKAN