Menelisik Eksotika Desa Rambut Panjang

Foto: cits.net

China, Sayangi.com – Setiap desa terkadang memang memiliki keunikan atau tradisi tersendiri, begitu juga halnya dengan daerah atau desa yang satu ini. Di China terdapat sebuah desa bernama Huangluo yang terletak di daerah Gulin, dimana seluruh wanitanya diwajibkan berambut panjang. Mungkin bagi sebagian wanita, rambut tidak lebih dari sekedar mahkota namun bagi sukuYao di desa Huangluo ini, rambut memiliki simbol yang jauh lebih berarti.

Bagi para wanita didesa ini rambut merupakan simbol paling berharga yang menggambarkan kehormatan dan kesejahteraan. Jadi tidaklah heran apabila anda menemukan seluruh wanita di desa ini memiliki rambut yang super panjang. Tak tanggung-tanggung lagi rambut mereka panjangnya sampai hingga menyentuh tanah.

Rata-rata wanita di desa ini memiliki rambut sepanjang 1,7 meter, bahkan ada yang mencapai 2,1 meter. Uniknya lagi para wanita ini hanya diperkenankan untuk memotong rambut ketika memasuki usia 16 tahun dan selepas itu mereka harus memanjangkan rambutnya.

Di desa ini setidaknya terdapat 82 kepala keluarga dan 120 wanita yang tinggal dan kebanyakan dari mereka masih memegang tradisi leluhur mereka yang hidup penuh dengan kesederhanaan dan tidak ketinggalan berambut panjang.

Dengan memiliki pemandangan alam dan lingkungan yang masih asri serta kebudayaan yang masih terbilang kuno, menjadikan desa ini tempat yang sangat indah untuk dikunjungi. Namun begitu, keindahan desa itu adalah bonus. Hal utama yang menjdi daya tarik wisatawan adalah para wanita berambut panjang demi mempertahankan tradisi.

Desa yang disebut sebagai desa rambut panjang ini juga mendapat pengakuan resmi dari Guiness World Record sebagai desa dengan rambut terpanjang. Cobalah datang berkunjung ke desa berambut panjang ini ketika anda sedang berkunjung ke China. (FIT)