Jakarta Berlakukan Jam Malam Pelajar

Foto: Yan Zavin

Jakarta, Sayangi.com – Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat menjadi pilot project yang menerapkan Jam Wajib Belajar Malam (JWBM) mulai pukul19.00-21.00 WIB. Program Pemprov DKI Jakarta itu mulai diterapkan di semua RT di wilayah RW 06, Kelurahan Pegangsaan.Camat Menteng, Bondan Dyah Ekowati menyebut JWBM tidak hanya diberlakukan di rumah-rumah warga. Akan tetapi program ini juga diterapkan di beberapa tempat seperti rumah pintar dan pendopo ilmu.

“Itu merupakan wadah bagi anak-anak untuk belajar selain di rumah. Diharapkan untuk orangtua bisa berperan aktif dalam program ini dan menjadi pembimbing utama bagi putra-putrinya dalam JWBM ,” kata Bondan Dyah Ekowati, kepada Sayangi.com, Rabu (2/10).

Sejak Senin (30/9), sebagian besar warga di Kelurahan Pegangsaan sudah mematikan TV, sebagai wujud tanggungjawab dalam pemberlakuan JWBM. Begitupun di tempat-tempat belajar yang sarat dikunjungi anak-anak.

“Saya lihat anak-anak sangat antusias mengikuti JWBM ini. Mereka senang bisa belajar bersama teman-teman satu lingkungannya. Ada yang mengerjakan PR sekolahnya,” ujar Bondan.

Terkait dengan penerapan JWBM, lanjut Bondan, pihaknya menggandeng beberapa tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para komunitas yang berada di kawasan tersebut untuk ikut membantu mensukseskannya. Tak ketinggalan pejabat, kelurahan dan kecamatan, unsur Muspikel dan Muspika.

“Pengawasan program harus dilakukan secara kontinyu. Karenanya, mereka akan mengelilingi kampung untuk mengawasi anak-anak belajar,” pungkas Bondan. (GWH).

Berita Terkait

BAGIKAN