Media Dituntut Lebih Jelas, Tepat dan Akurat

Foto : Sayangi.com/chapunk

Jakarta,Sayangi.com – Peranan media di PEMILU 2014 sangat berperan penting untuk mengajak masyarakat agar cerdas dalam memilih pilihannya, dalam hal ini Jaringan Insan Muda Indonesia (JIMI) bekerjasama dengan Indowarta.co mengadakan Diskusi Publik bertemakan “Peran Media Mencerdaskan Masyarakat Dalam Pemilu 2014” di Galery Cafe, Cikini, Jakarta Pusat. Senin, (7/10).

Menurut pemimpin redaksi Sinar Harapan Norman Meoko insan pers untuk menghadapi pemilu 2014 harus mempunyai sikap dalam menyikapi semua situasi menjelang pemilu, agar publik bisa menilai dengan hati dan pikiran yang terbuka ,namun para jurnalis harus tetap menjunjung tinggi kesembilan elemen jurnalisme.

“Dalam teori komunikasi publik bila disajikan dengan hal yang sama maka publik akan terarah pada satu sisi yang sama,” ujarnya.

Ali Gultom juga menambahkan media sebagai sarana pendidikan politik menjelang pemilu 2014, teori klasiknya masyarakat seringkali mengambil keputusan dari nalarnya sendiri, untuk itu media jangan pernah dibiarkan untuk netral, karena akan terjadi pembiaran fakta. Maka dari itu media pun mengalami kehilangan kepercayaan masyarakat bila tidak bisa menggambarkan secara detail dan akurat.

“Media harus memiliki etika pemberitaan dan UU Pers menjadi junjungannya,” tambah Wapemred Rakyat Merdeka Online, di Galery Cafe.

Dalam konteks media yang dinamakan independent, mereka tidak memihak kepada golongan politik manapun, namun masih banyak media yang terus menerus menyoroti suatu partai politik, dan media terus menerus mengungkapkan hal yang positif suatu partai. Tetapi tidak semua media dikuasai oleh para elit politik, karena bisnis media adalah bisnis kepercayaan.

“Semua kandidat pasti menyerukan Anti Korupsi dan nyatanya.?” Kata Ray Rankuty direktur LIMA

Demi makin banyaknya media yang menjamur sekarang ini, pembaca mendapatkan informasi yang lebih kemudian pembaca dapat memfilter. Kami sebagai media juga minta diawasi kami tak ingin jadi media yang kebablasan support, karena media berperan penting dalam mencerdaskan bangsa.

Untuk sekarang ini kita sudah masuk dalam era Citizen Journalist yang dimana masyarakat umum dapat bisa memberikan suatu berita dan informasi bagi orang lain. Karena itu media online akan menjadi sumber informasi yang jelas, tepat, dan akurat. (MD)