DPR Uji Kapolri Sebelum Penutupan Sidang

Foto: sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Ketua DPR Pramono Anung Wibowo menyatakan DPR siap untuk segera melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon Kapolri Komisaris Jenderal Polisi Sutarman yang diajukan Presiden Yudhoyono sebelum penutupan masa sidang.

“Persoalan Kapolri baru ini sudah dibahas di Bamus (Badan Musyawarah) DPR dan sudah diputuskan untuk diselesaikan sebelum penutupan masa sidang DPR,” kata Pramono saat ditemui di Gedung Nusantara III di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, saat ini Komisi III DPR sedang mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan, seperti uji kepatutan dan kelayakan agar penetapan Kapolri baru tersebut bisa segera terselesaikan.

“Catatan-catatan yang berkaitan dengan ‘track record’ (rekam jejak,red) dan hal lainnya tentu sekarang dihimpun oleh teman-teman di Komisi III untuk mendalami persoalan yang berkaitan dengan Kapolri yang diusulkan Presiden,” kata Pramono.

Ia juga menyampaikan bahwa beberapa fraksi di Komisi III DPR sempat mempertanyakan alasan pemberitahuan tentang pemberhentian Kapolri yang sedang menjabat dan pengajuan nama calon Kapolri yang baru disampaikan oleh Presiden dalam satu surat yang sama.

“Memang sempat ada sedikit pertanyaan dari beberapa fraksi mengapa surat pemberhentian dan pengangkatan dalam satu surat. Namun, itu akhirnya tidak terlalu menjadi masalah,” ungkapnya.

Wakil Ketua DPR itu meyakini bahwa DPR sudah dapat mengambil keputusan terhadap calon tunggal Kapolri yang diusulkan Presiden sebelum penutupan masa sidang, yakni pada 25 Oktober.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengajukan nama Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Sutarman kepada DPR sebagai calon tunggal Kapolri baru untuk menggantikan Kapolri Jenderal Pol. Timur Pradopo, yang akan memasuki masa pensiun pada Januari 2014.

Komjen Pol Sutarman adalah mantan ajudan Presiden KH Abdurahman Wahid, dan sebelum menjadi Kabareskrim Mabes Polri, Sutarman pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya. (Ant)