Kulfi, Rajanya Es Krim India

Foto: foodpunch.com

India, Sayangi.com – Dari beberapa dessert India yang paling terkenal adalah es krim nya. Es krim ala India ini disebut Kulfi. Meski pada dasarnya Kulfi merupakan dessert umum daerah barat Asia, tetapi Kulfi di India mendominasi wangsa makanan dan minuman di India. Tidak hanya di toko pinggiran jalan, beberapa restoran terkenal menjadikan kulfi sebagai salah satu menu dessert spesialnya. Muncul dengan berbagai warna dan rasa, berbentuk kerucut dengan berbagai ukuran. Es krim yang satu ini banyak dicari orang setiap harinya saat musim panas, bahkan saat musim dingin pun, es krim ini masih laku dijual di beberapa restoran kelas hotel.

Banyak ice cream shop yang menjual kulfi di tanah Gujarat, ahmedabad, tetapi yang paling dikenal karena rasa dan kualitasnya adalah Asharfi Kulfi, toko yang khusus menjual kulfi ini memiliki banyak cabang di sepanjang Ahmedabad dan Mumbai. Asharfi Kool Kulfi memiliki citarasa yang sangat kuat, selain saffron, susu, kandungan perisanya biasanya dibuat murni dari asalnya. Misalnya Kool Kulfi rasa mangga, rasa mangga yang kuat murni berasal dari buah mangga yang diolah menjadi salah satu komposisi yang segar. Cafe kulfi yang satu ini begitu diminati para pengunjung, baik wisatawan ataupun lokal, bahkan citarasa India seperti Badam ,Malai, dan Pistacio menjadi salah satu favorit kulfi di toko ini.

Asharfi Kulfi ini memiliki banyak cabang di beberapa wilayah di Ahmedabad, diantaranya di Khau Gali di Law Garden, Veertimurti complex di Gurukul Road, Neelkhant Plaza di Bhata-Paldi, Tilak Maidan di Ratri Bazaar, Maneek Chowk, dan masih banyak lagi.

Tidak seperti es krim gaya barat pada umumnya, pembuatan kulfi tak serumit cara dalam membuat es krim. Terdiri dari komposisi cairan yang sederhana dan dimatangkan dengan direbus. Penambahan susu pada kulfi juga menjadi agenda utama pada proses pembuatannya. Bedanya, terdapat saffron sebagai tambahan komposisi es krim ala India ini. Kemudian disempurnakan dengan bubuk atau cairan perisa buah atau yang lainnya.

Tercatat dari penelitian badan kesehatan India, kulfi mengandung lebih dari 1400 kalori per-porsinya, oleh karena itu, karena tingginya kandungan krim dalam es krim ini, membuat kulfi tidak disarankan untuk pelaku diet dan para vegetarian. Kulfi sendiri mengandung gelatin yang menjadi sandungan masalah yang konon tak diperkanankan dikonsumsi untuk para vegetarian. Akan tetapi, melihat dari para peminatnya, dari berbagai kalangan dan usia serta bentuk tubuh, kulfi seakan telah menjadi dessert wajib para Indian. (FIT)

Berita Terkait

BAGIKAN