Ada Perahu Melayang di Pantai Sulamadaha

Foto: flickr.com

Ternate, Sayangi.com – Indah sekali! Bila dilihat dari jauh, tampak seperti perahu yang sedang melayang, bukan? Sebenarnya, foto ini adalah keindahan salah satu Hidden Paradise di Indonesia. Adalah Pantai Sulamadaha, terletak di Ternate, Maluku Utara. Lihat, betapa jernihnya air di sana sehingga perahu itu terlihat seperti melayang.

Untuk mengakses keindahannya, anda bisa memulai perjalanan dari pusat Kota Ternate sekitar 1 jam atau 14 km dari pusat Kota Ternate ke kawasan pantai Sulamadaha. Pantai ini berhadapan langsung dengan Pulau Hiri, dengan bukit hijaunya. Dari pantainya, Bukit Hiri terlihat jelas seperti muncul dari permukaan laut. Pulau Hiri, dulunya menjadi tempat pengasingan Sultan Muhammad Djabir Syah (Ayah Sultan Ternate sekarang), yang sengaja diungsikan untuk menghindari penangkapan tentara Belanda.

Pulau hiri di Ternate dapat dijangkau dengan cara menyewa perahu nelayan, sebaiknya anda berangkat pagi dan kembali pada sore hari.  Di sebelah kiri ke arah barat Pantai Sulamadaha, terdapat Teluk Saomadaha yang berbentuk piramid. Pantai di Teluk Saomadah berpasir putih dan di dasar perairannya terdapat taman laut sehingga kita bisa melakukan aktivitas snorkel dan diving. Jika ingin menyelam,pengunjung harus membawa peralatan sendiri. Sedangkan di sebelah kanan kiri pantai in terdapat karang kecil yang sangat sejuk karena ditumbuhi semak dan tamanan hijau, cocok untuk anda yang mencari ketenangan.

Meski tak berpasir putih, namun pantai Sulamadaha memiliki pesona tersendiri. Pantai Sulamadaha memiliki banyak spesias dan biota laut yang sangat memukau, terumbu karang yang masih alami yang ada di dalam laut yang jernih, bebas dari sampah dan pencemaran. Pengunjung bisa melakukan berbagai macam aktifitas wisata seperti diving dan snorkeling.

Berjalan menuju Pantai Sulamadaha mungkin terlihat dan terdengar sulit. Namun, keindahan pemandangan tebing dan air yang begitu jernih dan biru dibalik tebing-tebing terjal seakan menghilangkan rasa letih dan lelah selama perjalanan. Belum lagi keramahan warga sekitar, akan membuat liburan anda makin tak terlupakan. (FIT)

Berita Terkait

BAGIKAN