Haji Ali Dargah, Masjid di Tengah Lautan Arabia

Foto: yakhwajagaribnawaz

Mumbai, Sayangi.com Dipesisir laut Arabia tepatnya di Utara Mumbai, terdapat sebuah wisata religi yang tak kalah menariknya. Sebuah Masjid yang didirikan di permukaan laut, kira-kira 1 kilometer dari dataran. Mereka menyebutnya Haji Ali Mosque, namanya mendulang dari kisah seorang Muslim yang sangat taat pada aturan agama.

Menurut legenda dari para pengikutnya, Haji Ali merupakan seorang pedagang yang sukses, saking taatnya pada agama, beliau meninggalkan pekerjaan dan masalah keduniawian untuk beribadah. Yang unik dan ajaib menurut cerita, ketika Haji Ali wafat dan dimakamkan di Tanah Suci Mekkah saat melakukan ibadah Haji, makam atau peti matinya kembali ditemukan di kawasan laut ini.

Atas dasar keajaiban ini, warga Muslim sekitar menganggap Haji Ali sebagai orang suci. Dan mereka membangun sebuah Masjid untuk memakamkan peti matinya tersebut. Pemandangan yang unik tercipta saat air laut pasang dan menutupi jalan setapak menuju Masjid, menjadikan Masjid ini nampak mengapung di lautan. Warga muslim bahkan non muslim yang percaya dengan keajaiban itu, konon setiap harinya berdatangan untuk berziarah menyematkan bunga, dengan tujuan meminta berkah dari kebaikan yang pernah beliau kerjakan sepanjang hidupnya.

Gaya arsitektural Islami mendominasi bangunan, berbagai pahatan kaligrafi Islam, dengan ukiran 99 Asma Allah tergelar disepanjang dinding Masjid dan kubah utamanya. Ayat-ayat suci Alquran dan shalawat dikumandangkan para pengunjung yang duduk di lantai marmer yang dingin itu. Sayang, sepanjang jalan setapak tersebut sekarang lebih didominasi oleh para homeless dan pengemis, lainnya banyak pedagang berjualan perlengkapan ibadah dan ziarah. (FIT)

Berita Terkait

BAGIKAN