Jokowi-Ahok Pasangan Ideal Pimpin Indonesia

Foto: Istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Dalam survei yang dilakukan oleh Cyrus Network, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memiliki tingkat elektabilitas paling tinggi untuk memimpin Indonesia atau Capres-cawapres pada pilpres 2014.

“Ini adalah penilaian publik tentang siapa yang paling pantas mendampingi Jokowi sebagai cawapres,” kata Senior Consultant Cyrus Network (CN) Hafizhul Mizan Piliang, dalam rilisnya, Selasa (8/10).

Hafizhul mengatakan, masyarakat menilai orang yang paling pantas mendampingi Jokowi sebagai cawapres, adalah Ahok dengan angka 31,6 persen. Ini menunjukkan bahwa masyarakat berharap bahwa pasangan Jokowi-Ahok bisa bersanding dalam satu paket kepemimpinan nasional.

Menurutnya, figur Basuki yang tegas merupakan warna sendiri bagi ranah politik saat ini. Hasil survei memberikan gambaran bahwa gaya khas Ahok ternyata diterima di masyarakat.

Untuk calon pendamping Jokowi yang lain, posisi kedua ditempati Dahlan Iskan dengan poin 17,1 persen, dan Hatta Rajasa 13 persen. Sementara untuk Prabowo Subianto, publik cenderung memasangkannya dengan Menteri BUMN Dahlan Iskan (19,8%). Ahok dan Hatta Rajasa berada di posisi kedua dan ketiga dengan angka yang relatif sama (14%).

Survei Cyrus Network ini dilakukan pada 13-16 September 2013. Survei ini melibatkan 1.020 responden dengan Margin of Error kurang lebih 3,1%. Responden adalah penduduk Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah dengan proporsi responden laki-laki dan perempuan seimbang. Proporsi responden yang tinggal di wilayah berciri pedesaan berbanding perkotaan sebesar 51% : 49%. Responden tersebar secara proporsional pada 204 desa/kelurahan terpilih di 33 provinsi.(GWH)