Ratusan Prajurit Bersihkan Kereta Api di Stasiun Kota

Foto: Sayangi.com/Tri Harningsih

Jakarta, Sayangi.com – Mencuci mobil itu hal yang biasa. Tetapi, membersihkan kereta api listrik (KRL) yang telah mengangkut ratusan ribu penumpang setiap harinya, itu baru hal yang luar biasa. Dalam rangka melanjutkan komitmen menggalang kepedulian masyarakat Jakarta untuk menjaga kebersihan situs bersejarah kota, Cif dengan ratusan prajuritnya kembali menggelar program bertajuk Cif Cleaning Project, yaitu kegiatan membersihkan Stasiun Kereta Jakarta Kota yang memiliki luas kurang lebih 3000 meter persegi.

Tak hanya kawasan stasiunnya, sejumlah armada kereta api pun dibersihkan secara menyeluruh dengan menggunakan produk pembersih dari Cif. Program ini merupakan tahun kedua yang digagas Cif tetap dengan misi untuk meningkatkan kepedulian dan kebanggan warga Jakarta terhadap kebersihan dan keindahan situs bersejarah dan fasilitas umum yang ada di kota Jakarta. Kegiatan inipun mendapat banyak dukungan dari instansi masyarakat hingga Pemda Provinsi DKI Jakarta.

Disela diskusi dan press conference dibilangan Stasiun Kota pada Selasa (08/10), Drs Johannes Frederik Warouw selaku Sosiolog Perkotaan menjelaskan, “Kecintaan masyarakat terhadap situs bersejarah masih perlu ditingkatkan. Masyarakat sesungguhnya paham betul mengenai pentingnya nilai sejarah situs-situs yang ada seperti Stasiun KA Jakarta Kota. Namun mereka masih perlu lebih menyadari pentingnya memelihara situs tersebut.”

“Kegiatan seperti ini sangat baik untuk menstimulasi khalayak ramai dalam menjaga kebersihan kota. Ujungnya, budaya hidup bersih masyarakat kota akan terbentuk termasuk dalam menjaga kebersihan situs bersejarah” Imbuh Frederik Warouw ketika ditemui Sayangi.com di acara diskusi.

Seperti yang diketahui, nilai sejarah yang dimiliki Stasiun Kereta Jakarta Kota selain memiliki kesibukan yang tinggi, juga memiliki sejarah panjang seja beroperasi tahun 1929. Selain menjadi salah satu pusat arus transportasi kota Jakarta hingga saat ini, stasiun ini juga dianggap sebagai salah satu cagar budaya dan situs bersejarah kota Jakarta.

Mengacu pada tingginya nilai sejarah tersebut, Kepala Humas P.T KAI Daerah Operasi I Jakarta, Sukendar Mulya pun menyambut baik atas kegiatan tersebut.
“Kami memberikan apresiasi tinggi kepada kegiatan ini karena menyadarkan masyarakat luas bahwamenjaga kebersihan dan kelestarian stasiun kereta Jakarta merupakan tanggung jawab bersama,” ungkap Sukendar Mulya.

Menurut Asep Haekal selaku Brand Manager Cif, saat ini kereta semakin digemari di Jakarta, mengingat daya tampungnya yang sangat besar dan mampu menghindari kemacetan. Di Jakarta, KRL digunakan oleh lebih dari 6000 penumpang perhari-nya. Maka kebersihan dan keindahannya pun penting untuk diperhatikan. (FIT)

Berita Terkait

BAGIKAN