Jokowi: Penentu Nama Jalan di Jakarta itu Saya

Foto: sayangi.com/Okky

Jakarta, Sayangi.com – Wacana perubahan nama Jalan Medan Merdeka Utara dan Jalan Medan Merdeka Selatan menjadi Jalan Ir Soekarno dan Mohammad Hatta hingga saat ini masih dalam proses tindak lanjut. Dalam pembahasan tersebut melibatkan pemerintah pusat dan daerah. Namun, keputusan akhir terkait perubahan nama kedua ruas jalan tersebut berada di tangan Gubernur DKI, Joko Widodo.

“Aturannya di saya. Nanti saya yang putuskan nama jalan itu,” kata Jokowi, Selasa (8/10).

Meski demikian, Jokowi mengaku belum memastikan apakah perubahan nama kedua ruas jalan itu perlu pula andil dari Presiden.

“Prosesnya harus ke Mensesneg. Saya juga mau minta penjelasan karena ada dua persepsi. Ada yang mengatakan Presiden, ada yang bilang gubernur. Saya mau jelas dulu,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Pemprov DKI hingga saat ini belum menerima surat resmi terkait permintaan mengubah kedua nama jalan di ring satu tersebut.

“Wong saya belum dapat suratnya. Kalau sudah, saya rapatkan dan saya putuskan,” jelasnya.

Menurut Ketua Panitia 17 Jimly Asshiddiqie berdasarkan Keppres Nomor 25 Tahun 1995 tentang pembangunan kawasan Medan Merdeka di wilayah DKI Jakarta, usulan tinggal diserahkan kepada Presiden RI untuk sekadar mengetahui hal tersebut.

“Dalam Keppres tidak ada yang menegaskan bahwa harus diputuskan presiden. Nama jalan diputuskan oleh gubernur,” ujar Jimly kepada wartawan di Jakarta, Selasa (8/10) siang.

Jimly menjelaskan, usulan tersebut nantinya diserahkan kepada Sekretaris Pengawasan Kawasan Medan Merdeka, organisasi bentukan Keppres, yakni Gubernur DKI Joko Widodo. Selanjutnya, Jokowi akan membawa usulan tersebut kepada Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Ketua Pengawasan Kawasan Medan Merdeka.(GWH)