MK Tetapkan Pasangan Alex-Ishak Terunggul di Pilgub Sumsel

Foto: Sayangi.com/Emil Ondo

Jakarta, Sayangi.com – Setelah menjalani proses yang panjang, akhirnya pilkada Sumsel menemukan kesimpulannya. Pada sidang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada hari ini, Selasa, 8 Oktober 2013 dengan, Nomor 79/PHPU.D-XI/2013, maka MK menetapkan pasangan nomor urut 4, Alex Noerdin-Ishak Mekki (Alim) sebagai kandidat terunggul dibanding tiga kandidat lainnya.

Setelah digabungkan hasil pemungutan suara ulang (PSU) dan bukan PSU, Pasangan Alim unggul 58.630 suara dari pasangan pemohon Herman Deru-Maphilinda (Derma).

“Walaupun pasangan Pemohon (Derma) dalam pemungutan suara ulang tersebut bertambah, namun hasilnya tetap lebih besar perolehan suara Pihak Terkait (Alim) dengan selisih suara sebanyak 58.630,” kata hakim konstitusi ketika membacakan pertimbangan putusan tersebut.

Selanjutnya, pertibangan MK menyebutkan pada saat ini tidak mungkin ada Pemilukada yang bersih seratus persen atau sempurna, sebab di sana-sini terjadi pelanggaran. Namun demikian, sejauh pelanggaran tersebut tidak bersifat terstruktur, sistematis, dan masif, serta tidak signifikan pengaruhnya terhadap perolehan suara dan keterpilihan pasangan calon maka Mahkamah tidak dapat membatalkan hasil
pemungutan suara ulang Pemilukada tersebut.

Lagipula, lanjut hakim MK, pemungutan suara ulang tersebut telah terlaksana dengan baik dan lancar, serta diawasi dan disupervisi oleh Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan dan Bawaslu. Oleh karena itu, Mahkamah tidak mempertimbangkan lebih lanjut permohonan keberatan Pemohon terhadap hasil pemungutan suara ulang yang dilaksanakan Termohon berdasarkan Putusan Mahkamah Nomor 79/PHPU.D-XI/2013, bertanggal 11 Juli 2013.

Berdasarkan beberapa pertimbangan maka putusan MK membatalkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan Nomor 33/Kpts/KPU.Prov-006/VI/2013 tentang Penetapan Hasil Rekapitulasi
Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Tahun 2013 bertanggal 13 Juni 2013, beserta Berita Acara Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Di Tingkat Provinsi Oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan.

Putusan MK juga menetapkan hasil perolehan suara dari masing-masing pasangan calon dalam pemungutan suara ulang Pemilukada Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2013 di Kota Palembang, Kota Prabumulih, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur; Kabupaten Ogan Komering Ulu, dan Kecamatan Warkuk Ranau Selatan di
Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, sebagai berikut: Pasangan Calon Nomor Urut 1, Eddy Santana Putra dan Anisja Djuita Supriyanto, 93.746 suara; Nomor Urut 2, Iskandar Hasan dan Achmad Hafisz Tohir, 38.640 suara; Nomor Urut 3, Herman Deru dan Hj. Maphilinda Boer, 684.541 suara; Nomor Urut 4 atas nama Alex Noerdin dan Ishak Mekki, 405.213 suara;

Sedangkan hasil keseluruhan perolehan suara dari masing-masing pasangan adalah: Pasangan Calon Nomor Urut 1 memperoleh 507.149 suara; Nomor Urut 2 memperoleh 341.278 suara; Nomor Urut 3 memperoleh 1.389.169 suara; Calon Nomor Urut 4 memperoleh 1.447.799 suara.

Mahkamah Konstitusi juga memerintahkan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan untuk melaksanakan putusan ini sebagaimana mestinya.

Putusan ini disidangkan oleh delapan Hakim Konstitusi yaitu Hamdan Zoelva selaku Ketua merangkap Anggota, Maria Farida Indrati, Anwar Usman, Muhammad Alim, Arief Hidayat, Harjono, Patrialis Akbar, dan Ahmad Fadlil Sumadi, masing-masing sebagai Anggota, dengan didampingi oleh Dewi Nurul Savitri sebagai Panitera Pengganti, serta dihadiri oleh Pemohon dan/atau kuasanya, Termohon dan/atau kuasanya, dan Pihak Terkait dan/atau kuasanya. (VAL)

Berita Terkait

BAGIKAN