Eksekusi Warga Buaran Rusuh, Halte Transjakarta Dibakar

Foto: Sayangi.com/chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Kerusuhan dan perusakan sarana umum terjadi di Buaran, Kelurahan Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (9/10) dinihari. Peristiwa dipicu dari rencana Pemkot Jakarta Timur yang akan mengeksekusi rumah di RT 08 RW 012 Buaran, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Surat perintah pengosongan rumah juga sudah diberikan kepada seluruh warga yang tinggal di tempat itu.

Namun, ratusan warga yang sudah berpuluh-puluh tahun tinggal di sana tidak terima untuk pindah ke tempat lain. Mereka kemudian melakukan aksi pemblokiran jalan mulai pukul 03.30 WIB. Tidak hanya itu warga juga membakar ban bekas. Akibatnya bentrokan terjadi dengan petugas Satpol PP DKI Jakarta. Warga semakin marah dan membakar halte Buaran.

Melihat massa yang sudah semakin vandalis, petugas Polda Metro Jaya meletuskan gas air mata untuk membubarkan aksi mereka.

Akibat peristiwa tersebut halte bus Transjakarta mengalami kerusakan berat. Selain itu, bus Transjakarta juga berhenti beroperasi untuk sementara waktu.(GWH)