MK Diyakini Tetap Menangkan Indra-Roni di Pilkada Gorontalo Utara

Foto: sayangi.com/Emil

Gorontalo, Sayangi.com – Legislator F-PAN DPRD Kabupaten Gorontalo, Umar Karim, mengaku optimistis kemenangan pasangan Indra Yasin-Roni Imran di Pilkada Gorontalo Utara. Ia yakin tidak akan hasil tidak akan berubah walau digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Umar, Rabu (10/9/2013), bahwa saat ini pihaknya sedang bersiap mengikuti sidang keberatan di MK oleh dua pasangan calon kepala daerah lainnya Idrus Thomas Mopili-Risjon Sunge yang diusung Partai Golkar dan Thariq Modanggu-Hardi Hemeto, pasangan perseorangan (independen).

Namun tim pemenangan yakin jika dukungan masyarakat akan terus mengalir untuk kemenangan yang telah diraih. Alasannya karena banyak pihak memahami bahwa pilkada kabupaten ini, berlangsung apa adanya dan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Terkait gugatan dua pasangan calon tersebut, yang memperkarakan hasil Pilkada ini ke MK, Umar menilai sangat wajar.

Namun tim pemenangan Indra-Roni berharap, keberatan yang diajukan tidak terkesan memaksakan keadaan, seperti mengajukan keterangan dan saksi palsu yang tidak sesuai fakta di lapangan.

Pihaknya akan mengawal kinerja MK dengan detail agar nantinya dalam memberikan keputusan, tidak sekedar berdasarkan sumpah yang bisa saja palsu diucapkan, dan tidak sesuai fakta lapangan.

Ia menambahkan, selain sedang menyusun data dan bukti hasil rekapitulasi penghitungan suara dari tingkat desa hingga kabupaten, tim pemenangan Indra-Roni akan menyiapkan langkah hukum, mengantisipasi jika terbukti ada saksi yang memberikan keterangan palsu.

Sementara itu, keterangan dari pihak MK, bahwa perkara gugatan Pilkada Gorontalo Utara oleh pasangan calon nomor urut 1 dan 2, telah didaftarkan pada tanggal 2 dan 3 Oktober, namun hingga kini belum teregistrasi atau belum memperoleh nomor perkara.

Pilkada kabupaten ini dimenangkan oleh pasangan Indra-Roni yang meraih kemenangan sebesar 51,46 persen atau 34.311 suara.

Berita Terkait

BAGIKAN